Sukses


    CdM Indonesia Akan Lobi PHISGOC Terkait Jadwal Cabor SEA Games 2019 yang Diundur

    Bola.com, Manila - Sejumlah pertandingan cabang olahraga SEA Games 2019 harus diundur akibat Topan Kammuri yang melanda Filipina. Mundurnya jadwal tersebut telah diumumkan secara resmi oleh Panitia Penyelenggara SEA Games 2019 Filipina (PHISGOC).

    "Ya, memang terjadi perubahan jadwal pertandingan sejumlah cabang olahraga di beberaoa daerah akibat adanya Topan Kammuri atau badai Tysoy," ujar Chef de Mission (CdM) kontingen Indonesia, Harry Warganegara, di Manila, Filipina, Selasa (3/12/2019).

    "Kami juga sudah mendapat surat pemberitahuan secara resmi yang ditandatangani Director of Sport Phisgoc, Karen Claire Kabalero," lanjutnya dalam rilis yang diterima Bola.com.

    Sejumlah jadwal cabang olahraga yang mengalami pengunduran adalah voli pantai yang harusnya dimainkan 2 hingga 3 Desember diundur menjadi 4 sampai 6 Desember. Kemudian, Kayak/Kanoe/TBR yang semula akan dimulai 2 Desember diundur menjadi 6 hingga 8 Desember.

    Sementara itu, Muaythai yang tadinya dihelat 3 Desember diundur menjadi 4 sampai 5 Desember, sedangkan khusus nomor combat Muaythai akan dimulai pada 6 sampai 8 Desember 2019.

    Begitu juga Under Water hockey yang semula dimulai pada 3 Desember menjadi 4 sampai 5 Desember 2019. Cabang olahraga layar di Subic ikut diundur. Semula digelar pada 2 sampai 4 Desember, baru dimulai pada 5 Desember 2019.

    Lalu, Modern Pentathlon dari 4 Desember diundur menjadi 5 Desember. Surfinhg yang dimulai 3 Desember diundur menjadi 4 Desember 2019.

    Terkait mundurnya jadwal pertandingan tersebut, CdM Indonesia akan melakukan lobi kepada PHISGOC. Pasalnya, perubahan jadwal akan memengaruhi pengeluaran kontingen Indonesia.

    Untuk itu, Harry Warganegara berharap kontingen Indonesia tidak lagi dikenakan tambahan biaya terutama biaya penginapan atlet, karena adanya jadwal pertandingan yang diundur.

    "Adanya badai Tysoy itu kan masalah force majeure. Jadi, kami akan coba melobi PHISGOC agar atlet Indonesia tidak lagi dikenakan biaya tambahan sebesar 50 dolar AS, karena mundurnya jadwal pertandingan," kata Harry Warganegara.

    Berikut ini adalah daftar lengkap cabor SEA Games 2019 yang diundur:

    Manila: Menembak

    Solu: Skateboarding, Underwater Hockey, Polo

    Clark: Pentaque

    Subic: Sepak Takraw, Canoe/Kayak/TBR, Muaythai, dan Surfing

    Video

    2 dari 2 halaman

    Kabar Langsung Bola.com dari Filipina

    Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif SEA Games 2019 Filipina dengan mengklik tautan ini.

    Video Populer

    Foto Populer