Sukses


Mengungkap Rahasia di Balik Kehebatan Messi dan Ronaldo

Bola.com, Barcelona - Valencia Biomechanical Institute dan beberapa universitas ternama di Spanyol, dikabarkan Marca, Kamis (1/12/2016), telah mengungkapkan rahasia di balik kehebatan bintang Barcelona, Lionel Messi dan penyerang Real Madrid, Cristiano Ronaldo. 

Valencia Biomechanical Institute mengklaim kekuatan utama Cristiano Ronaldo terletak pada kemampuan aerial. Melalui berbagai studi, Cristiano Ronaldo diketahui mampu menghasilkan kekuatan besar saat melompat sembari mempertahankan grativasi di udara dengan sangat baik. 

Saat "melayang" di udara, menurut catatan Valencia Biomechanical Institute, Cristiano Ronaldo mampu menyudul bola dengan ketinggian lebih dari 2,5 meter. Hal tersebut pun cukup wajar karena Cristiano Ronaldo memang sering menorehkan gol lewat sundulan kepala. 

Semenjak bergabung dengan Real Madrid pada 2009, Cristiano Ronaldo telah menorehkan 376 gol dari 263 pertandingan di berbagai ajang. Menurut catatan Transfermarkt, dari total gol itu, 60 di antaranya diciptakan Crisitano Ronaldo melalui sundulan kepala. 

Pemain Real Madrid Cristiano Ronaldo (kedua dari kanan) menyundul bola untuk mencetak gol pada pertandingan sepak bola Liga Champion antara Real Madrid melawan Copenhagen di stadion Santiago Bernabeu, Madrid Pada Rabu (2/10/13) waktu setempat. (AFP/Pierre).

Sementara itu, Brunel, Barcelona, Oporto, dan Lleida INEC University melakukan studi untuk mencari faktor utama kehebatan Lionel Messi. Berdasar hasil studi keempat universitas tersebut, Lionel Messi diketahui memiliki kemampuan bagus dalam hal kinerja otak. 

Karena hal itulah, menurut klaim studi keempat universitas tersebut, Lionel Messi dapat membuat keputusan cepat saat mengontrol bola untuk mengecoh pemain lawan. Lionel Messi pun memiliki kecepatan sangat baik sehingga kombinasi kemampuannya cukup sempurna. 

Berdasar beberapa pertandingan Barcelona, Lionel Messi memang jarang melakukan solo-run dalam kecepatan penuh untuk melewati lawan. Penyerang asal Argentina itu lebih sering berlari sembari menggiring bola, lalu berhenti secara tiba-tiba untuk berbelok arah. 

Di La Liga Spanyol, Lionel Messi sudah mencetak 26 hattrick bersama Barcelona. (Action Images via Reuters/John Sibley).

Keputusan cepat Messi tersebut diklaim dapat membuat pemain lawan terkecoh, bahkan bisa saja terjatuh karena kehilangan keseimbangan saat mencoba mengikuti pergerakan La Pulga. 

Lionel Messi kini juga tercatat sebagai salah satu pesepak bola yang memiiki kemampuan berlari sembari menggiring bola tercepat di dunia. Pada musim 2014-2015, Lionel Messi bahkan sempat mencatatkan total 307 dribble

Catatan mengenai kehebatan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi ini dirilis menjelang pertemuan Barcelona melawan Real Madrid, di Camp Nou, Sabtu (3/12/2016). Pembaca Bola.com dapat menyaksikan laga tersebut secara live streaming melalui player di bawah ini.

Sumber: Marca, Daily Record, Transfermarkt

Video Populer

Foto Populer