Sukses


Lionel Messi Tak Hanya Tentang Gol, tetapi...

Bola.com, Barcelona - Cerita tentang Lionel Messi tak bisa lepas dari gol-gol indah dan teknik tinggi saat menggocek si kulit bundar. Bagi Barcelona, ternyata sosok Lionel Messi enggan sekadar goal getter andal, penakluk kiper lawan atau 'menipu' pengawalnya. Messi tergolong lengkap, minta dilayani, seorang pemimpin sekaligus berperan sebagai pelayan di lapangan.

Cerminan itu yang bisa terlihat saat Lionel Messi memimpin rekan-rekannya menekuk Athletic Bilbao dengan skor 3-1. Pertandingan tersebut berstatus Leg 2 Babak 16 Besar Copa del Rey 2016-2017, di Estadio Camp Nou, Kamis (12/1/2017) dini hari WIB.

Pada laga itu, Lionel Messi menjadi kreator awal dari gol pembuka Barcelona yang dilesakkan Luis Suarez. Ia melakukan gerakan pivot, memutar setengah badan lalu melihat pergerakan Neymar yang menyisir dari sisi kanan pertahanan Bilbao.

Messi memberi umpan presisi setelah Neymar mampu membuka ruang. Umpan Messi membelah di antara deretan pemain bertahan Bilbao. Alhasil, bola meluncur bersamaan lari Neymar ke arah kotak penalti.

Neymar berpikir cepat. Ia tak sempat menggocek. Saat Neymar sedang berpikir sejenak, Lionel Messi sudah bergerak cepat, melakukan penetrasi tanpa bola ke area tengah kotak penalti lawan. Sementara di sisi kanan Messi, sudah bergerak Luis Suarez.

Neymar memilih memberi umpan jauh pada Suarez. Bola lambung sukses melewati adangan para bek Bilbao. Suarez yang sudah bersiap, tanpa ampun mengirim si kulit bundar melalui sepakan voli.

Bola meluncur deras. Lionel Messi yang melihat pergerakan bola, refleks melakukan gerakan sliding yang berupaya memotong bola. Namun arah bola tetap menuju ke sisi kanan bawah penjaga gawang Bilbao. Gol!

Messi memberi selamat pada Suarez, meski komentator siaran langsung di televisi sempat menyebut Messi menjadi pemain terakhir yang menyentuh bola. Namun wasit mencatat gol tersebut atas nama Suarez.

Usai gol tersebut, Lionel Messi berulangkali menunjukkan kemampuannya dalam membaca pergerakan lawan, terutama para pemain belakang Bilbao. Pada momen-momen tertentu, Messi memberi instruksi pada Rafinha, Sergio Busquets dan Sergi Roberto. Tiga orang tersebut menjadi pendorong gerakan Messi.

2 dari 3 halaman

Momen Penting

Momen peran penting Messi terjadi usai Bilbao mencetak gol balasan pada menit ke-51, atau tiga menit usai gol kedua Barcelona yang dicetak Neymar. Kondisi tersebut membuat laga masih imbang secara aggregat, yakni 3-3.

Setelah itu, Barcelona gencar melakukan serangan. Hasilnya, Messi menunjukkan kemampuan mengubah hasil akhir. Pada menit ke-78, Messi merobek jala Bilbao yang dijaga Gorka Iraizoz, dengan tendangan bebas.

Proses terjadinya tendangan bebas menunjukkan kecermatan, insting dan skill menempatkan bola, dari seorang Lionel Messi. Sang Messiah tertangkap kamera menyapu pandangan ke seluruh titik yang memungkinkan sebagai sasaran tembak.

Pada akhirnya, Messi memilih mengirim bola placing ke arah pojok kiri bawah gawang Gorka Iraizoz. Awalnya, tendangan Messi mengirim bola terbang 'tanggung'. Tak ada penjagaan khusus pada jalur jalan si kulit bundar.

Alhasil, bola yang tak terlalu tinggi tersebut mampu melewati pagar betis, dan jatuh tepat di tiang gawang bagian dalam. Bola memantul bukan keluar, melainkan menjadi gol ketiga bagi Barcelona.

Seolah ingin mengirim pesan semangat pada fans dan rekan-rekannya, Lionel Messi berlari ke arah penonton sembari berteriak lantang. Ia 'terbang' sambil mengepalkan tangan, membuat seisi Estadio Camp Nou, bergemuruh.

Seluruh teman berlari ke arah Lionel Messi, memberi selamat dan setelah itu berjibaku kembali mempertahankan keunggulan. Maklum, satu gol tambahan Bilbao bisa menjadi malapetaka ambisi Barcelona meraih trofi Copa del Rey.

Perangai Lionel Messi sepanjang pertandingan kontra Bilbao membuat Pelatih Barcelona, Luis Enrique Martinez, berharap Sang Messiah tetap di Catalonia.

3 dari 3 halaman

Pujian untuk Messi

"Lionel Messi adalah sosok yang mampu menentukan hasil akhir. Karena itu saya ingin dia tetap bersama Barcelona pada beberapa tahun lagi. Tak ada yang lebih baik darinya. Dia tak hanya tentang gol, tetapi juga bagaimana caranya membaca permainan," kata Luis Enrique.

Menurutnya, Lionel Messi selalu bisa membuat pilihan tepat dan memberi rasa nyaman pada seluruh orang yang berada di sekitarnya. "Dia selalu memudahkan pergerakan rekan di lapangan," sebut Enrique.

Gol ke gawang Athletic Bilbao membuat Lionel Messi selangkah lagi mencatat rekor baru. Saat ini Lionel Messi mengoleksi 26 gol dari tendangan bebas, alias sama dengan catatan Ronald Koeman. Artinya, satu gol lagi via free kick, akan membuat Lionel Messi sebagai pengoleksi gol terbanyak sepanjang sejarah via tendangan bebas.

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

  • Lionel Messi adalah pemain sepak bola berbakat asal Argentina yang tergabung dalam klub Barcelona
    Lionel Messi adalah pemain sepak bola berbakat asal Argentina yang tergabung dalam klub Barcelona
    Lionel Messi adalah pemain sepak bola berbakat asal Argentina yang tergabung dalam klub Barcelona

    Lionel Messi

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça
    Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol

    Barcelona

Video Populer

Foto Populer