Sukses


Ungguli Real Madrid, Barcelona Jadi Brand Terkuat Sepak Bola Dunia

Jakarta Barcelona mengungguli Real Madrid dalam hal sebagai klub dengan brand sepak bola terkuat di dunia. Kesimpulan itu dikeluarkan perusahaan konsultan Brand Finance berdasarkan penelitian.

Real Madrid masih bisa mengakhiri musim ini dengan gelar juara Liga Champions yang ketiga kali berturut-turut. Tapi, Barcelona sukses di kompetisi domestik yakni La Liga Spanyol dan Copa del Rey.

Bersamaan dengan sejumlah kesepakatan sponsor baru, Barcelona ternyata unggul. Klub asal Katalan ini menyisihkan rival abadinya tersebut.

Barcelona, yang sejak musim ini ditangani Ernesto Valverde mendominasi La Liga. Bahkan, klub berjulukan Blaugrana itu belum terkalahkan dari 36 pertandingan La Liga sejauh ini.

Di luar lapangan, Barcelona mendapat kesepakatan dari perusahaan e-commerce Jepang, Rakuten. Nilai kerja sama itu mencapai 246 juta euro selama empat tahun.

2 dari 3 halaman

Kekuatan Brand Barcelona

"Setelah satu musim di mana mereka di atas angin dalam sepak bola domestik dan diuntungkan oleh kesepakatan sponsor yang kuat, kekuatan brand Barcelona pun naik --dari 95,4 sampai 96,6--," tulis pernyataan Brand Finance seperti dikutip laman ESPN. 

"Sedangkan Real Madrid tidak berubah pada 96,4, meskipun memiliki penampilan hebat dalam kompetisi Eropa," lanjut pernyataan itu.

Meningkatnya Barcelona sebagai brand sepak bola paling kuat di dunia ini juga didorong oleh umpan balik yang hebat dari para penggemarnya. Para penggemar Blaugrana tersebar di China, India, dan Amerika Serikat.

3 dari 3 halaman

3 Klub Lain

Selain Barcelona dan Los Blancos, tiga klub besar lainnya juga masuk daftar ini. Manchester United (94,6), Bayern Muenchen (93,1) dan Liverpool (92,2) menyusul sebagai pemilik brand sepak bola terkuat di dunia lainnya.

Kendati begitu, dua raksasa Spanyol itu diprediksi akan kesulitan menghadapi tahun-tahun berikutnya. Sebab, Lionel Messi kini telah menginjak usia 30 tahun, sedangkan Cristiano Ronaldo sudah berumum 33 tahun.

Video Populer

Foto Populer