Sukses


Barcelona Persiapkan Diri Tanpa Lionel Messi

Bola.com, Barcelona - Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu, mengakui peran Lionel Messi sangat penting untuk timnya. Meski begitu, Bartomeu menyebut Barca tengah bersiap tanpa Messi pada masa depan.

Sejak menembus skuat inti Barcelona pada musim 2003-2004, pemain asal Argentina itu perlahan menjadi sosok andalan di lini serang. Hingga saat ini, kontribusi La Pulga di skuat Catalan sulit tergantikan.

Sejauh ini, Lionel Messi telah mencetak 581 gol dan 233 assist dari 664 pertandingan di seluruh ajang kompetisi. Dia pun turut membantu El Barca meraih 32 titel juara, termasuk sembilan gelar La Liga dan empat trofi Liga Champions.

Namun, Blaugrana tidak bisa selamanya mengandalkan tenaga Messi. Pasalnya, Lionel Messi telah menginjak usia 31 tahun dan bakal segera memasuki masa-masa pensiun.

Dengan durasi kontrak yang menyisakan dua setengah musim lagi, bukan mustahil jika pemain bernomor punggung 10 itu akan gantung sepatu pada usia 33 tahun.

"Saya tahu suatu hari Lionel Messi akan mengatakan dia pensiun. Kami harus menyiapkan klub untuk masa depan. Kami membawa pemain muda hebat ke tim ini, karena kami harus melanjutkan era kesuksesan ini. Hal itu adalah tanggung jawab kami," ujar Bartomeu.

"Mandat saya akan selesai dalam dua musim. Jadi saya harus meninggalkan klub dalam posisi yang bagus dan memberi tahu presiden baru 'itu adalah warisan kami'," paparnya.

Sampai saat ini, Barcelona masih belum memiliki calon suksesor Lionel Messi. Philippe Coutinho dan Ousmane Dembele yang direkrut Barca dengan banderol triliunan rupiah, masih belum mampu mengimbangi performa La Pulga.

Sumber: BBC

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini:

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça
    Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol

    Barcelona

  • Lionel Messi adalah pemain sepak bola berbakat asal Argentina yang tergabung dalam klub Barcelona
    Lionel Messi adalah pemain sepak bola berbakat asal Argentina yang tergabung dalam klub Barcelona
    Lionel Messi adalah pemain sepak bola berbakat asal Argentina yang tergabung dalam klub Barcelona

    Lionel Messi

Video Populer

Foto Populer