Sukses


Lionel Messi Kembali Sabet Sepatu Emas Eropa, Ukir Rekor Baru

Bola.com, Barcelona - Bintang Barcelona, Lionel Messi, kembali menyabet Sepatu Emas Eropa, sebagai penghargaan untuk pemain dengan gol terbanyak di liga-liga top Eropa. Pemain asal Argentina itu total mengoleksi 36 gol sepanjang 34 pertandingan La Liga musim ini.

Messi unggul tiga gol atas bintang Paris Saint-Germain, Kylian Mbappe, yang mencetak 33 gol. Mbappe punya kans mengejar saat menjalani laga terakhir League 1 kontra Reims, Sabtu (25/5/2019) dini hari WIB.

Syaratnya, dia harus mencetak lima gol untuk mengungguli Messi. Sayangnya Mbappe hanya melesakkan satu gol dan PSG kalah 1-3 pada laga tersebut. 

Seperti dilansir Marca, torehan Sepatu Emas Eropa musim 2018-2019 tersebut juga membuat Messi mengukir rekor baru. Dia menjadi satu-satunya pemain yang bisa memenangi penghargaan tersebut dalam tiga tahun beruntun.

Kemenangan Messi ini juga mengukuhkan La Liga sebagai penghasil peraih Sepatu Emas Eropa produktif. Dalam 11 tahun terakhir, pemenang penghargaan ini selalu berasal dari La Liga, meskipun Cristiano Ronaldo dan Luis Suarez berbagi gelar tersebut pada 2014.  

Cristiano Ronaldo menjadi pemain terakhir yang bermain di luar La Liga dan berhasil menenangi Sepatu Emas Eropa. Saat itu, dia mencerak 31 gol di Premier League 2007-2008 bersama Manchester United. Pemain asal Portugal itu telah mengantongi empat Sepatu Emas. 

Sementara itu, Lionel Messi menjadi pemain tertua kedua yang meraih penghargaan ini pada usia 31 tahun, 11 bulan, dan 25 hari. Hugo Sanchez yang memegang rekor kategori ini. Dia lebih tua 1 bulan dan 1 hari dibanding Messi saat menyabet penghargaan Sepatu Emas Eropa pada 1990. 

 

 

2 dari 2 halaman

Masih Dihantui Liverpool

Meskipun membukukan pencapaian luar bisa, Messi mengakui kegagalan Barcelona di Liga Champions saat disingkirkan Liverpool di semifinal masih menghantuinya. 

Pada semifinal tersebut, Barcelona sudah menang 3-0 pada leg pertama di Camp Nou. Namun, kans ke final yang sudah di depan mata melayang setelah La Blaugrana keok 0-4 di Anfield.  

"Saya tak memikirkannya (Sepatu Emas)," kata Messi, Jumat (24/5/2019). 

"Saya tak memikirkan penghargaan ini di kepala saya. Kami masih terluka akibat kekalahan dari Liverpool, setidaknya saya. Saya tak berpikir tentang diri sendiri," tegas Messi. 

 

 

Video Populer

Foto Populer