Sukses


4 Sisi Positif yang Bisa Diambil Barcelona Seiring Cedera Lionel Messi

Bola.com, Jakarta - Absen pada laga pembuka La Liga melawan Athletic Bilbao, Lionel Messi diperkirakan akan kembali ke skuad Barcelona untuk pertandingan selanjutnya kontra Real Betis. Sayangnya hal itu tak terjadi, cedera betis penyerang asal Argentina itu lebih parah dari perkiraan.

Ia diprediksi bakal absen membela Blaugrana selama empat minggu.

Lionel Messi adalah pemain terpenting dalam sejarah Barcelona 15 tahun terakhir. Ia bak jimat bagi klub, dan setiap kali dia berada di lapangan, Barcelona umumnya cenderung bermain apik.

Cedera Lionel Messi situasi yang tak ideal bagi Barcelona. Walau begitu sebenarnya ada beberapa hal positif yang muncul dari situasi tak mengenakkan ini. Apa-apa saja?

Nonton video keseruan Lionel Messi adu skill dengan Bocah Inggris di Pantai Antigua:

2 dari 5 halaman

Mulai belajar mengurangi ketergantungan pada Lionel Messi

Messi tidak diragukan lagi pemain ikonik di generasinya. Saat ia bermain di lapangan, Barcelona memiliki kartu As yang menyulitkan lawan-lawan mereka.

Sejarah mencatat Messi dengan teknik individunya jadi jaminan kemenangan bari Barca.

Setiap kali Barcelona bermain dengan Messi, ada kepercayaan diri yang luar biasa terhadap permainan mereka. Ia jadi poros permainan klubnya.

Semua pemain lain selalu menyodorkan bola kepadanya, Leo yang nanti memikirkan bagaimana caranya untuk menjadi sebuah gol. Sistem itu berlaku beberapa tahun terakhir.

Namun, tentu sebuah bencana bagi Barcelona jika nanti Lionel Messi pensiun, siapa yang akan jadi tukang sulap selanjutnya. Usia sang megabintang sudah 33 tahun, ia tak akan lama lagi berkarier di sepak bola.

Cedera yang menimpannya saat ini bisa jadi cara bagus untuk belajar mengurangi ketergantungan terhadap Leo. Ernesto Valverde bisa mencobai kemampuan pemain-pemain muda, yang mungkin salah satunya bisa jadi pengganti Lionel Messi.

3 dari 5 halaman

Membiasakan pemain muda merasakan laga sarat tekanan

Untuk semua kemampuan luar biasanya, harus diingat bahwa Lionel Messi sangat manusiawi dengan kelemahan dan kekurangan yang sama seperti kita semua.

Saat dia cedera, Barcelona harus bersiap untuk hidup tanpa pencetak gol terbanyak mereka.  Pintu bagi anak-anak muda di klub untuk bersinar terbuka lebar.

Cedera yang diderita oleh Messi serta Luis Suarez dan Ousmane Dembele telah membuka peluang bagi anak-anak muda La Masia untuk bersinar.

Carles Perez mencetak gol senior pertamanya untuk klub melawan Real Betis pada akhir pekan lalu. Sementara Ansu Fati yang berusia 16 tahun dapat kesempatan promosi kilat.

Selama Messi tetap cedera, pemain-pemain baru La Masia ini akan diberi kesempatan untuk meraih kemenangan, dan mengingat mereka berpotensi menjadi masa depan klub, semakin cepat mereka terbiasa dengan pertandingan sarat tekanan, semakin baik bagi prospek Barcelona.

4 dari 5 halaman

Membantu Antoine Griezmann untuk bisa diterima sebagai keluarga Barcelona

Barcelona mendatangkan Antoine Griezmann dari Atletico Madrid dengan mahar 120 juta euro.

Penyerang asal Prancis adalah salah satu pesepak bola terbaik di dunia, dan memiliki potensi untuk membawa Barcelona ke level lain, tetapi kedatangannya tidak disambut dengan banyak keriuhan seperti layaknya pemain sekalibernya.

Alasan utama untuk ini adalah bahwa penggemar tidak sepenuhnya senang dengan kedatangan pemain berusia 28 tahun itu. Ia pernah mengecewakan mereka karena sepihak menolak pinangan Barcelona musim sebelumnya.

Memang, para pemain senior termasuk Lionel Messi dan Luis Suarez kali ini tidak banyak membahas tentang kedatangan Griezmann.

Griezmann sendiri mengatakan bahwa alasan utama mengapa ia menolak kesempatan untuk datang ke Barcelona adalah bahwa ia tidak ingin menjadi letnan Messi, setelah menikmati peran utama di Atletico Madrid.

Di luar apa yang dikatakan atau dilakukan di masa lalu, kenyataannya sekarang adalah bahwa Griezmann adalah pemain Barcelona. Penting bagi klub supaya dia cepat beradaptasi.

Peluang yang terjadi (setidaknya di lapangan) dengan Messi di sekitar agak tipis, karena seperti yang sudah disorot, semua perhatian tertuju ke bintang asal Argentina itu.

Ketidakhadiran Messi  telah memberi Griezmann kesempatan untuk menjadi pusat perhatian, dan itu adalah salah satu yang diambilnya dengan penuh percaya diri.

Mantan pemain Atletico Madrid itu adalah pemain dengan kualitas yang tidak diragukan dan dalam debutnya di Camp Nou meraih dua gol dan sebuah assist untuk membuat dia mulai dicintai pendukung setia Barcelona.

Selama empat minggu ke depan, Griezmann akan mendapatkan kesempatan untuk menjadi kapten kapal, fase transisi menjadi bagian dari keluarga besar Barcelona pasti akan jauh lebih mudah.

5 dari 5 halaman

Saat kembali bermain Lionel Messi benar-benar fit

Tidak seperti banyak rekan satu timnya, Lionel Messi tidak memiliki kemewahan liburan musim panas secara penuh. Keikutsertaannya dalam Copa America dengan Argentina membuatnya didera rasa lelah yang sangat.

Meskipun ia diberi istirahat dua minggu yang diperpanjang sebelum melanjutkan ke Barcelona, ​​faktanya adalah bahwa tenaga ekstra Lionel Messi di Copa America berarti bahwa ia tidak pulih secara memadai dari musim lalu.

Istirahat yang memadai sangat penting untuk performa puncak atlet profesional mana pun, dan sementara ia mungkin masih menjalani sesi pemulihan intensif, Lionel Messi tidak diragukan lagi akan kembali bugar dan lebih kuat sebagai hasil dari perpanjangan waktu keluar dari tindakan.

Sumber: Sportskeeda

Video Populer

Foto Populer