Sukses


Persaingan Soliditas dan Produktivitas Barcelona dan Real Madrid di Papan Atas La Liga

Bola.com, Jakarta - Real Madrid baru saja sukses menggeser Barcelona dari puncak klasemen La Liga pada jornada 21. Los Blancos berhasil menggeser Barcelona setelah menang 1-0 di kandang Real Valladolid, Senin (27/1/2020) dini hari WIB, di mana sebelumnya Barcelona kalah 0-2 di kandang Valencia, Sabtu (25/1/2020) malam WIB.

Real Madrid kini mengoleksi 46 poin di puncak klasemen La Liga, unggul tiga poin dari Barcelona yang berada di peringkat kedua. Lionel Messi dkk. harus turun setelah beberapa jornada terakhir nyaman berada di puncak.

Kunci permainan Real Madrid dalam kemenangan di markas Real Valladolid, yang berbuah keberhasilan mereka ke puncak klasemen adalah solidnya pertahanan yang dibangun oleh tim asuhan Zinedine Zidane itu. Los Blancos memang hingga pekan ke-21 ini menjadi tim paling sedikit kebobolan, dengan 13 gol dan mampu mencetak 11 cleansheet.

Jika boleh diadu dengan Barcelona, Real Madrid jelas unggul jauh di lini pertahanan. Barcelona terbilang memiliki lini pertahanan yang cukup rapuh di La Liga musim ini.

Blaugrana hingga pekan ke-21 sudah kebobolan 25 gol, hampir dua kali lipat dari jumlah kebobolan yang dialami Real Madrid. Permainan apik Marc-Andre ter Stegen di bawah mistar gawang, yang telah mencetak enam cleansheet hingga sejauh ini, tidak terlalu membantu karena para pemain yang berada di depannya tidak mampu menutup ruang tembak pemain-pemain lawan.

Pada era Ernesto Valverde, duet Gerard Pique dan Clement Lenglet tidak berjalan dengan baik. Sedangkan, pada rezim Quique Setien, formula tiga bek -Samuel Umtiti, Gerard Pique dan Sergi Roberto- juga belum tampil optimal. Barcelona pun harus mencari jalan untuk memperbaiki lini pertahanannya dalam 17 pertandingan tersisa.

 

Video

2 dari 3 halaman

Barcelona Jauh Lebih Produktif

Sementara itu, dua tim raksasa Spanyol ini memang pantas berada di dua posisi teratas klasemen La Liga. Baik Real Madrid dan Barcelona memang memiliki produktivitas gol yang luar biasa.

Real Madrid, yang kini berada di puncak klasemen, tercatat sudah mencetak 36 gol hingga jornada 21. Namun, jumlah tersebut jauh tertinggal oleh Barcelona. Lionel Messi dkk. sudah mencetak 50 gol hingga sejauh ini, di mana 14 di antaranya memang dicetak oleh Messi sendiri.

Lionel Messi hingga kini berada di puncak daftar pencetak gol terbanyak dengan 14 gol. Persaingan di antara pemain dari dua raksasa Spanyol itu juga ada di daftar tersebut.

Striker Real Madrid, Karim Benzema, mengekor Messi di peringkat kedua dengan torehan 12 gol. Namun, posisi tersebut tak sepenuhnya aman karena rekan setim Messi, Luis Suarez, juga sudah mencetak 11 gol.

Dari torehan tersebut memang sudah sewajarnya jika Barcelona memang sangat produktif. Messi dan Suarez yang menjadi andalan di lini depan sudah total mengoleksi 25 gol, atau separuh dari total gol Barcelona di La Liga. Sementara Karim Benzema seakan seperti menjadi striker tunggal Real Madrid dengan torehan gol tersebut.

3 dari 3 halaman

Lini Pertahanan Ikut Produktif

Satu hal yang menarik dalam persaingan antara Barcelona dan Real Madrid adalah bagaimana para pemain dari kedua tim, hingga ke lini pertahanan ikut membantu tim untuk bisa mencetak angka

Tugas utama pemain belakang memang menjaga lini pertahanan, tapi kontribusi mereka dalam membantu penyerangan kerap berbuah gol atas nama mereka, terutama saat situasi set-piece. Real Madrid dan Barcelona yang terkenal sangat agresif saat menyerang pun kerap mengandalkan pemain lini bertahan untuk membantu ke depan.

Nacho Fernandez menjadi contoh nyata, di mana bek Real Madrid ini juga menjadi penentu kemenangan atas Real Valladolid lewat gol tunggal yang dicetaknya. Hingga saat ini, beberapa pemain belakang Los Blancos juga sudah menyumbang gol, seperti Sergio Ramos yang sudah mengemas tiga gol, Raphael Varane yang mengemas dua gol, dan Dani Carvajal dengan satu gol.

Dengan tujuh gol yang dicetak barisan pertahanan Real Madrid, tim ibu kota Spanyol itu memiliki keunggulan lagi atas Barcelona. Begitu produktifnya Messi dan Suarez di lini depan, Barcelona hanya punya empat gol yang dicetak oleh pemain bertahan, yaitu Gerard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba, dan Junior Firpo.

Sumber: Whoscored

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, published 28/1/2020)

Video Populer

Foto Populer