Sukses


Barcelona Guncang, 6 Anggota Dewan Klub Mengundurkan Diri

Bola.com, Barcelona - Krisis internal Barcelona makin buruk. Enam anggota dewan klub Barcelona memutuskan mengundurkan diri, Kamis (9/4/2020) malam waktu setempat, karena tidak senang dengan berbagai manuver dan kebijakan Presiden klub Barcelona, Josep Maria Bartomeu.

Dua dari enam yang mengundurkan diri adalah wakil presiden klub Emili Rousand dan Enrique Tombas. Adapun empat lainnya menjabat sebagai direktur, yaitu Silvio Elias, Maria Teixidor, Josep Pont, dan Jordi Clasamiglia. 

Pengunduran diri enam anggota dewan klub itu merupakan dampak dari konflik internal di dalam klub. Bahkan, seorang sumber mengatakan kepada ESPN bahwa kehidupan di balik layar Camp Nou bergejolak seperti serial televisi "Game of Thrones". 

Menurut sumber tersebut, setiap orang berlomba untuk mencari posisi yang tepat menjelang pemilihan Presiden Barcelona pada musim panas tahun depan. 

"Kami sampai pada titik ini dengan tidak dapat membalikkan kriteria bagaimana klub ini dikelola mengahadapi tantangan penting pada masa depan, terutama skenario setelah pandemi virus corona, " tulis enam anggota dewan klub tersebut pada surat pengunduran diri mereka yang dipublikasikan oleh La Vanguardia, seperti dilansir ESPN, Rabu (10/4/2020). 

"Kami juga harus menyoroti kekecewaan kami dengan episode tak menyenangkan di jaringan sosial, yang dikenal dengan dengan Barcagate, yang kami pelajari dari media. Sebagai sumbangsih terakhir untuk klub, kami merekomendasikan ketika situasi sudah memungkinkan segera gelar pemilihan baru yang memungkinkan, dengan semua wewenang, untuk mengelola klub dengan cara terbaik menghadapi tantangan penting di masa depan." 

Pemilihan presiden klub dijadwalkan pada musim panas 2021. Bartomeu tidak dapat mencalonkan diri lagi karena sudah dua periode menjadi presiden Barcelona

 

2 dari 3 halaman

Merombak Manajemen

Pengunduran diri enam anggota dewan tersebut sebenarnya tidak terlalu mengejutkan. Bartomeu pada awal pekan ini menelepon empat di antara mereka, yaitu Rousaud, Tombas, Elias dan Pont, untuk meminta mereka mundur. Menurut kabar, Bartomeu hanya ingin dikelilingi orang-orang yang dipercayanya pada tahun terakhir jabatannya sebagai presiden Barcelona

Rousaud dikabarkan sangat kesal karena manuver Bartomeu dilakukan di tengah krisis corona. Dia juga merasa dikhianati oleh sang presiden. 

Rousaud dikabarkan merupakan salah satu kandidat pengganti Bartomeu untuk pemilihan Presiden Barcelona pada tahun depan. Itu disebut-sebut menjadi alasan Bartomeu menyingkirkannya dari lingkaran penting klub.  

Bartomeu, yang menduduki jabatannya sejak Juli 2015, mendapati posisinya tertekan dalam beberapa kesempatan musim ini. Kondisi itu membuat Bartomeu ingin merombak susunan  manajemen tim, termasuk meminta beberapa anggota dewan klub mundur. 

Sumber: ESPN

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

7 Stadion La Liga Dengan Penonton Terbanyak, Suporter Barcelona Kalahkan Real Madrid

Video Populer

Foto Populer