Sukses


Lionel Messi Tetap Spesial bagi Barcelona Walau Tak Sedahsyat Saat Dilatih Guardiola

Bola.com, Jakarta - Pelatih Ajax Amsterdam, Erik Ten Haag, menyebut Lionel Messi tidak pernah sedahsyat ketika Barcelona masih di bawah arahan Pep Guardiola.

Namun, Messi adalah sosok yang tetap memberikan kontribusi besar bagi Barcelona. Musim ini, Messi membukukan 28 gol, 19 di antaranya di La Liga dan dua di Liga Champions. Messi juga mencaatkan 15 assist dari total 41 penampilan dalam berbagai ajang.

Berkat penampilan Messi yang konsisten, Barcelona mengungguli Real Madrid dalam klasemen sementara La Liga sebelum kompetisi itu dihentikan karena pandemi virus corona.

 

Ten Hag menganggap Lionel Messi masih bagus, tetapi tidak sebagus saat Barcelona berada di bawah kendali Pep Guardiola.

“Messi adalah satu di antara pemain yang punya jiwa pemimpin, tetapi dia juga bekerja untuk tim dan mereka telah memetik hasilnya. Dia tidak pernah sebagus di bawah Guardiola," katanya dikutip dari Barca Blaugranes.

Messi bersama Barcelona meraih dua gelar Liga Champions dua kali dan tiga gelar La Liga selama Guardiola berada di Camp Nou.

Lionel Messi juga mendapatkan empat trofi Ballon d'Or berturut-turut mulai dari 2009 sampai Guardiola hengkang dari Barcelona pada 2012.

 

Menurun

2 dari 2 halaman

Siapa Penerusnya?

Lionel Messi dan Barcelona terus berusaha keras untuk menancapkan kembali kuku mereka di level Eropa. Namun, sejak kepergian Guardiola, mereka hanya menambah satu lagi gelar Liga Champions.

Ten Hag tahu Guardiola cukup baik dari bekerja dengannya di Bayern. Pelatih asal Belanda itu melatih tim cadangan tim Bundesliga sementara Pep bertugas di Allianz Arena.

“Barcelona juga belum menang banyak di level Eropa dalam beberapa tahun terakhir," ia menambahkan.

“Lionel Messi masih unggul, tapi sekarang juga kadang tidak maksimal. Ia tidak pernah seperti itu di bawah Guardiola. Pep punya nyali, ia berani menjadi perintis dan inovatif," kata Erik Ten Hag.

Tahun ini, Messi sudah berusia 32 tahun dan Barcelona belum menemukan sosok yang pas untuk menggantikannya pada empat atau lima tahun mendatang.

Sumber: Barca Blaugranes.

Video Populer

Foto Populer