Sukses


Real Madrid dan Barcelona Bersiap Cuci Gudang, 30 Persen Pemain Bakal Dilepas

Bola.com, Jakarta - Dua klub raksasa La Liga, Barcelona dan Real Madrid, tampaknya punya agenda besar pada bursa transfer pemain. Mereka dikabarkan berencana melakukan cuci gudang untuk membangun skuad yang lebih tangguh dan efektif untuk musim depan. 

Tidak hanya satu-dua, mungkin ada sampai 30 pemain yang masing-masing akan dilepas Real Madrid dan Barcelona. Estimasi tersebut disampaikan Marca, Rabu (20/5/2020), yang menyebut ada banyak pemain dalam skuad Real Madrid dan Barcelona yang tidak masuk dalam proyek pengembangan skuad di masa depan.

Los Blancos, julukan Real Madrid, sudah sibuk dengan regenerasi skuad beberapa tahun terakhir. Tapi, ternyata Barca juga harus melepas banyak pemain yang tidak terlalu penting.

Ada pemain-pemain yang kembali dari masa peminjaman, ada pula nama-nama yang memang mulai terpinggirkan. Mereka harus mencari klub baru atau bersiap jadi bagian usaha transfer klub.

Zinedine Zidane sudah punya cukup banyak pemain dalam skuadnya yang sekarang. Ada 26 pemain plus Reinier Jesus. Angka itu bakal bertambah pada akhir musim nanti.

Setidaknya ada 9 pemain tim inti Real Madrid yang bakal pulang ke Santiago Bernabeu dari masa peminjaman. Juga masih ada beberapa pemain muda yang sudah seharusnya bermain di level senior.

 

2 dari 6 halaman

Masa Depan Pemain Real Madrid yang Dipertanyakan

Pertama, ada Achraf Hakimi yang seharusnya kembali ke Madrid pada musim panas nanti. Kemampuan Achraf tidak perlu diragukan, dia sudah membuktikan diri selama menjalani masa peminjaman di Dortmund.

Masalahnya, Madrid sudah punya Dani Carvajal di sisi kanan, lalu ada Ferland Mendy dan Marcelo di sisi kiri. Jika tidak mau jadi pelapis Carvajal, Achraf jelas harus pergi.

Pemain lain yang dipertanyakan adalah Dani Ceballos, yang belum benar-benar membuktikan diri di Arsenal. Lalu masih ada kasus Sergio Reguillon, Jesus Vallejo, Takefusa Kubo, dan Borja Mayoral. Mereka musim ini dipinjamkan ke klub lain.

Kemudian ada beberapa nama lain yang masa depannya masih tidak jelas. Sebut saja Alvaro Odriozola, James Rodriguez, Brahim Diaz, juga Mariano Diaz.

Belum lagi kasus Gareth Bale yang sudah lama mengganggu Madrid. Dia jelas tidak masuk rencana Zidane, tapi menjualnya pun sulit.

 

3 dari 6 halaman

Hanya Beberapa Pemain Barcelona yang Tak Tersentuh

Barcelona memang hanya punya 19 pemain senior dalam tim inti mereka, plus beberapa penggawa muda. Namun, meski skuad mereka lebih ramping, Barca diyakini bakal menjual banyak pemain.

Menurut Marca, hanya ada beberapa pemain yang nasibnya aman dan tak tersentuh. Yakni Marc-Andre ter Stegen, Gerard Pique, Jordi Alba, Sergio Busquets, Frenkie de Jong, Lionel Messi, Luis Suarez, dan Antoine Griezmann. Namun, sisanya tidak benar-benar jelas.

Sebut saja Neto dan Sergi Roberto, yang performanya musim ini patut dipertanyakan. Lalu ada pemain-pemain yang terus diterpa isu transfer seperti Samuel Umtiti, Junior Firpo, Ivan Rakitic, Arturo Vidal, bahkan Martin Braithwaite.

Barca tertarik mendatangkan beberapa pemain baru seperti Lautaro Martinez, Miralem Pjanic, dan Mattia de Sciglio. Besar kemungkinan mereka akan menggunakan pemain-pemain yang sekarang sebagai bagian transfer.

 

4 dari 6 halaman

Kasus Pjanic

Kasus Pjanic jadi yang paling mencuri perhatian. Kabarnya Juventus siap melepas Pjanic hanya jika Barca mau memberikan Arthur Melo sebagai pengganti, tapi Barca masih belum siap.

Kemudian, masih ada kasus pemain yang justru jadi beban seperti Ousmane Dembele dan Philippe Coutinho. Barca jelas tidak bisa mempertahankan keduanya, menjual adalah cara terbaik menjaga keharmonisan skuad.

Barca juga masih harus mengurusi pemain-pemain mereka yang menjalani masa peminjaman di klub lain seperti Moussa Wague, Jean-Clair Todibo, Oriol Busquets, Carles Alena, dan Rafinha. Nama-nama ini tidak masuk dalam rencana masa depan Barca.

Masalahnya, Barca pun harus menyambut beberapa nama baru. Ada Pedri, Francisco Trincao, dan Matheus Fernandes yang bakal tiba di Camp Nou musim panas mendatang. Barca mungkin bakal meminjamkan mereka terlebih dahulu.

5 dari 6 halaman

Barcelona Lebih Sibuk

Melihat ulasan di atas, uniknya justru Barca yang bakal lebih sibuk meski kondisi skuad mereka sekarang tidak benar-benar penuh. Ada banyak pemain muda, tapi sebagian tidak layak masuk dalam tim inti.

Marca mengklaim Real Madrid bisa melepas 10-15 pemain, sementara Barca kemungkinan melepas 15-20 pemain. Dua tim terkuat di Spanyol sedang berusaha meningkatkan kualitas skuad mereka.

Tentu keduanya melepas banyak pemain bukan tanpa alasan. Baik Madrid maupun Barca sama-sama berambisi memperkuat skuad, ada beberapa nama top yang mereka incar.

Sebut saja isu transfer Lautaro Martinez dan Neymar yang terus mengganggu Barcelona. Real Madrid juga masih dihubungkan dengan beberapa nama seperti Paul Pogba, Kylian Mbappe, dan Erling Haaland.

Sumber: Marca

Disadur dari: Bola.net (Penulis Richard Andreas, published: 20/5/2020)

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

7 Stadion La Liga Dengan Penonton Terbanyak, Suporter Barcelona Kalahkan Real Madrid

Video Populer

Foto Populer