Sukses


Mengingat Kembali Kata-kata Pidato Pertama Lionel Messi Sebagai Kapten Barcelona

Bola.com, Jakarta - Lionel Messi telah mengungkapkan keinginan hengkang dari Barcelona. Megabintang asal Argentina tersebut disinyalir tidak bahagia dengan pencapaian El Barca musim 2019-2020 yang tanpa trofi.

Bahkan, Lionel Messi merasakan kekalahan telak yang belum pernah terbayangkan di akhir musim. La Pulga dan EL Barca tumbang 2-8 dari Bayern Munchen di Liga Champions 2019-2020.

Mengutip AP, Rabu (26/8/2020), Messi telah mengirimkan dokumen permintaan untuk hengkang dari Camp Nou. Dokumen tersebut merujuk pada klausul pelepasan gratis pada akhir musim.

Namun, transfer Messi bisa berakhir di ranah hukum. Pasalnya, Barcelona berpegang teguh bahwa klausul pelepasan gratis berakhir pada Juni 2020.

Jika sang pemain ingin meninggalkan Barcelona, klub menginginkan klausul pembelian 700 juta euro (Rp12 triliun). Nominal yang sangat besar mengingat kontrak Lionel Messi hanya tersisa satu musim.

2 dari 3 halaman

Nama Besar Messi dan Jasa Barcelona

Nama besar Lionel Messi bisa menjadi faktor nilai jualnya tak bisa dinalar. Puluhan gelar, ratusan gol, dan rekor yang tak terhitung jumlahnya itu jelas membuat Barcelona tak ingin melepas sang permata begitu saja.

Apalagi, Barcelona juga merasa berjasa dalam pengobatan Messi ketika kecil. Saat itu, Lionel Messi mengidap defiseiensi hormon (kekurangan hormon pertumbuhan).

Orangtua Messi, yang bekerja sebagai buruh pabrik dan tukang cuci, tak sanggup membiayai pengobatan sekitar 900 dolar amerika perbulan.

Direktur Olahraga Barcelona saat itu, Carles Rexachm menjadi pahlawan bagi Messi. Ia terpukau dengan penampilan La Pulga di usia 13 tahun dan memintanya ikut trial di Barcelona.

Dalam kontrak yang dibuat dalam secarik kertas serbet, Barcelona akan menanggung biaya pengobatan Messi asal pindah dan menetap di Barcelona. Keluarga Messi sepakat dan pindah ke Spanyol.

Lionel Messi masuk akademi La Masia dan akhirnya menembus skuat utama Barcelona. Ia memulai debut pada 2004 melawan Osasuna sebagai pemain pengganti di menit ke-82.

Messi berkembang pesat dan menjadi kapten utama Barcelona pada awal musim 2018-2019. Ia merangkai kata-kata yang hebat dalam pidato pertamanya sebagai kapten, yang mendapat tepuk tangan dari penonton di Camp Nou.

Berikut Bola.com, Rabu (26/8/2020), menyajikan rangkaian kata-kata pidato Lionel Messi pada momen pertamanya sebagai kapten utama Barcelona, dua tahun lalu.

3 dari 3 halaman

Pidato Pertama Messi sebagai Kapten Utama Barcelona

"Merupakan sumber kebanggaan besar menjadi kapten. Saya tahu apa artinya memakai ban kapten dan saya beruntung memiliki anutan yang hebat seperti Puyol, Xavi, dan Andres yang akan kami rindukan musim ini," kata Lionel Messi sebagai pembuka.

"Kami memiliki skuat hebat untuk membuat bersemangat dan mereka yang datang akan membantu kami menjadi lebih baik."

"Musim lalu benar-benar bagus karena kami mencetak dua gol, tetapi kami semua merasa tidak enak dengan hasilnya di Liga Champions."

"Kami berjanji bahwa musim ini kami akan melakukan semua yang kami bisa untuk membawa trofi itu kembali ke Camp Nou," pungkas pemain Argentina itu sebelum mengakhiri dengan 'Visca el Barça i Visca Catalunya!'

 

Sumber: AP, Marca, website resmi FC Barcelona

 

Yuk, baca kumpulan kata-kata menarik lainnya dengan mengunjungi tautan ini.

Video Populer

Foto Populer