Sukses


Yuk, Mengintip Kehebatan Lionel Messi Menciptakan 10 Rekor saat Barcelona Amsyong Gelar Musim Lalu

Bola.com, Jakarta - Lionel Messi bisa dibilang pemain terhebat yang menghiasi  dunia sepak bola. Pemain Argentina mungil itu sedikit pemain yang membela satu klub dengan catatan rekor sensasional sepanjang kariernya.

Sejak melakukan debutnya untuk Barcelona pada musim 2004-2005, Lionel Messi telah menjadi lambang kesuburan bagi Blaugrana. Selama satu setengah dekade ia masih tetap jadi permain terhebat di klub yang ia cintai tersebut.

Pencetak gol terbanyak sepanjang masa Argentina dan Barcelona telah mencetak gol terbanyak (444) dan memberikan assist terbanyak (201) oleh pemain mana pun selama sembilan dekade sejarah Liga Spanyol. Lionel Messi juga mencetak gol Liga Champions terbanyak (115) untuk satu klub.

Musim 2019-2020 jadi periode gelap bagi Barcelona. Mereka gagal mempertahankan makhota La Liga dan tersingkir dari pentas Liga Champions dengan cara menyakitnya.

Uniknya dalam situasi sulit, secara individu Lionel Messi tetap punya rapor yang mengilap. Mari kita lihat 10 rekor dan pencapaian luar biasa Lionel Messi selama musim lalu.

2 dari 12 halaman

Mencetak Gol di 16 Musim Beruntun

Gara-gara cedera betis, Lionel Messi sempat absen di awal La Liga musim 2019-2020. Barcelona terlihat kepayahan tanpa jimatnya.

Dalam pertandingan La Liga melawan Sevilla pada 6 Oktober 2019. Lionel Messi melakukan tendangan bebas mewah untuk menerapkan coup de la grace dalam kemenangan meyakinkan 4-0 Barcelona melawan klub Andalusia tersebut. Dalam prosesnya, Messi menjadi pemain pertama dalam sejarah La Liga yang mencetak gol dalam 16 musim berturut-turut di kompetisi tersebut.

3 dari 12 halaman

Mencetak Gol di 15 Musim Beruntun Liga Champions

Setelah sempat absen di dua pertandingan Liga Champions pertamanya musim ini melawan Borussia Dortmund dan Inter Milan, Lionel Messi membuka skor saat Blaugrana meraih kemenangan 2-1 atas Slavia Praha pada 24 Oktober 2019.

Dalam prosesnya, pemain Argentina bertubuh mungil itu menjadi pemain pertama yang mencetak gol dalam 15 musim Liga Champions berturut-turut, sekaligus menyamai rekor Raul dan Cristiano Ronaldo dalam mencetak gol melawan lawan yang berbeda (33) di kompetisi tersebut.

4 dari 12 halaman

50 Gol Tendangan Bebas

Selama pertandingan La Liga melawan Real Valladolid pada 29 Oktober 2019, Lionel Messi mencetak gol ketiga Barcelona dari pertandingan itu dengan tendangan bebas luar biasa yang kebetulan merupakan yang ke-50 dalam karirenya yang fantastis.

Namun, Messi masih harus mengejar rekor Juninho Pernambucano dengan total lesakan 77 gol tendangan bebas.

5 dari 12 halaman

Gol ke 34 Tim Berbeda

Dalam pertandingan kelima fase grup Liga Champions 2019-20 Barcelona melawan Borussia Dortmund pada 27 November 2019, Lionel Messi menggandakan keunggulan klub Catalan itu pada menit ke-33.

Itu menjadikan sang kapten Barcelona itu pemain pertama dalam sejarah Liga Champions yang mencetak gol melawan 34 tim berbeda di kompetisi, dalam proses memecahkan rekor yang sebelumnya dia bagi dengan Raul Gonzales dan Cristiano Ronaldo. Pertandingan melawan Dortmund merupakan penampilan ke-700 Messi untuk Barcelona.

6 dari 12 halaman

6 Trofi Ballon d'Or

Pada 3 Desember 2019, Lionel Messi memutuskan hubungan dengan Cristiano Ronaldo untuk menjadi pemain pertama yang memenangkan enam penghargaan Ballon d'Or.

Kapten Barcelona dan Argentina ini memenangkan penghargaan bergengsi untuk pertama kalinya pada tahun 2009 dan diikuti dengan tiga penghargaan lagi dalam tiga tahun berikutnya sebelum memenangkan gelar kelimanya pada tahun 2015.

7 dari 12 halaman

35 Hattrick di La Liga

Beberapa hari setelah memenangkan rekor penghargaan Ballon d'Or keenam, Lionel Messi mencetak hattrick keduanya di La Liga musim ini dalam kemenangan kandang 5-2 Barcelona atas Mallorca pada 8 Desember 2019.

Dalam prosesnya, pemain berusia 32 tahun itu memecahkan rekor yang dia bagi dengan Cristiano Ronaldo untuk menjadi pemain pertama yang mencetak 35 hattrick di persaingan elite Liga Spanyol.

8 dari 12 halaman

20 Gol di 12 Musim Beruntun

Mallorca mengalami kesialan karena lebih menderita melawan Lionel Messi selama musim 2019-2020. Dalam pertandingan pertama Liga dimulai setelah pandemi COVID-19, pemain Argentina itu mencetak gol di menit ketiga masa injury untuk melengkapi kemenangan gemilang La Liga 4-0 untuk Barcelona pada 14 Juni 2020.

Dalam prosesnya, Messi mencetak gol ke-20 musim ini untuk menjadi pemain pertama dalam sejarah La Liga yang mencetak setidaknya 20 gol dalam 12 musim berturut-turut.

9 dari 12 halaman

20 Assist Semusim

Dalam pertandingan La Liga melawan Real Valladolid pada 12 Juli 2020, Lionel Messi memberikan assist kepada Arturo Vidal yang mencetak satu-satunya gol dalam pertandingan tersebut dalam kemenangan 1-0 Barcelona di tandang.

Dalam prosesnya, pemain internasional Argentina itu meniru pemain Prancis Thierry Henry sebagai satu-satunya pemain di lima liga teratas yang mencetak 20 gol dan memberikan assist sebanyak mungkin dalam satu musim.

Assist ke-20 Messi musim ini membantunya menyamai rekor mantan rekan setimnya Xavi Hernandez.

10 dari 12 halaman

Lampau Rekor Xavi Hernandez

Dalam pertandingan terakhir Barcelona di liga musim 2019-20 pada 19 Juli 2020 melawan Alaves, Lionel Messi memberikan assist kepada Ansu Fati yang membuka skor dalam kemenangan 5-0 tim tamu.

Dalam prosesnya, Messi memecahkan rekor Xavi Hernandez menjadi pemain pertama yang memberikan 21 assist dalam satu musim La Liga.

11 dari 12 halaman

7 Kali Penghargaan Pichichi

Dalam pertandingan yang sama di mana ia mencatat rekor assist La Liga ke-21 musim ini, Lionel Messi mencetak gol kedua dan kelima Barcelona di laga terakhir kompetisi melawan Alaves yang berkesudahan 5-0 di laga tandang lawan.

Itu berarti Messi (25) mengakhiri keunggulan empat gol dari pemain Real Madrid Karim Benzema untuk menjadi pemain pertama dalam sejarah yang memenangkan tujuh penghargaan Pichichi (diberikan kepada pencetak gol terbanyak dalam satu musim La Liga).

Pemain berusia 33 tahun itu sebelumnya pernah berbagi rekor dengan Telmo Zarra.

Sumber: Sportskeeda

12 dari 12 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer