Sukses


Liga Spanyol: Saga Transfer Messi Ternyata Bikin Barcelona Rugi Rp419 Miliar

Bola.com, Barcelona - Saga transfer Lionel Messi pada musim panas 2020 ternyata bukan hanya membuat ruang ganti Barcelona bergolak. Klub Catalan tersebut dikabarkan juga mengalami kerugian sekitar 35 juta pounds atau sekira Rp419 milir sebagai imbas dari saga itu.  

Football Espana, Sabtu (14/11/2020), menyebut Cinto Ajram, yang membantu Barcelona melakukan berbagai negosiasi sponsor dalam beberapa tahun terakhir, mengklaim saga transfer Lionel Messi itu berkontribusi membuat klub Catalan itu kehilangan Rp419 miliar saat memperbarui kerja sama sponsor dengan Rakuten. 

Seperti dilaporkan oleh El Mundo Deportivo pada awal pekan ini, Barca telah menyetujui perpanjangan kontrak selama setahun dengan perusahaan asal Jepang itu hingga 2022. Opsi tersebut diaktifkan oleh dewan Josep Maria Bartomeu yang telah mundur beberapa waktu lalu dan tidak dapat ditinjau oleh siapa pun yang memenangkan pemilihan presiden klub yang akan datang.

Kesepakatan asli, yang telah ditandatangani pada 2017, telah ditetapkan berakhir pada 2021. Namun, kesepakatan sudah diperbarui meskipun menurut Ajram ada perbedaan signifikan dari nilai sponsornya. 

Sebelumnya, nilai kerja sama Barca dengan Rakuten bernilai 55 juta euro (Rp921,8 miliar) per tahun. Namun, nilainya telah dikurangi hanya menjadi 30 juta euro (Rp502 miliar).   

"Uang berkurang dari perusahaan di mana-mana, tetapi pengurangan 30 juta euro ini tidak terlalu berkaitan dengan posisi keuangan Rakuten, tetapi ketidakpastian tentang masa depan Lionel Messi," ujar Ajram. 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Sponsor Sangat Dipengaruhi Messi

Kesepakatan tersebut awalnya ditandatangani ketika Barcelona masih punya trio penyerang yang fenomenal, Messi, Neymar, dan Luis Suarez. Namun, kini hanya tinggal Messi yang tersisa di Barcelona. 

Meskipun memilih tetap tinggal pada musim ini, Messi belum memberikan kepastian tentang masa depannya setelah kontraknya habis pada akhir musim ini. Kondisi tersebut tampaknya memengaruhi para sponsor Barcelona. 

“Saya tidak yakin apakah kesepakatan tersebut sekarang bernilai 30 juta euro - kesepakatan pertama ditandatangani ketika Messi masih bermain dengan Luis Suarez dan Neymar, dengan keuntungan komersial yang besar - sekarang dua pemain telah hilang dan yang satu lagi ingin keluar," tutur Ajram. 

"Orang-orang memikirkan Barcelona melalui Messi dan ketidakpastian masa depannya berarti tidak ada sponsor yang mau berkomitmen untuk kesepakatan jangka panjang dengan klub," imbuh dia. 

Sumber: Football Espana 

Video Populer

Foto Populer