Sukses


Liga Spanyol: Lionel Messi, Sosok yang Paling Empuk Dijadikan Kambing Hitam di Barcelona

Bola.com, Barcelona - Pelatih Barcelona, Ronald Koeman, menyebut Lionel Messi kerap menjadi kambing hitam termudah ketika segalanya berjalan buruk di Barca. Menurut Koeman, media kerap menyalahkan Messi ketika Barcelona sedang terpuruk. 

Ronald Koeman melontarkan komentar itu dua hari setelah Barcelona dipecundangi Cadiz 1-2 pada pertandingan La Liga akhir pekan lalu. Hasil itu membuat Barca hanya menang dua kali dari delapan pertandingan terakhir di Liga Spanyol, empat di antaranya berujung kekalahan. 

Dalam laporannya, ESPN menyebut Lionel Messi mencatatkan 10 tendangan ke gawang dalam dua pertandingan berbeda musim ini, yang berujung gagal mencetak gol. Perinciannya saat Barca ditaham Alaves 1-1 pada Oktober dan kalah dari Cadiz. Menurut ESPN, tak ada pemain lain di lima liga top Eropa yang mencatat begitu banyak tendangan tanpa berbuah gol pada musim ini. 

Berbagai kabar tentang Messi itu muncul pada waktu yang tidak ideal bagi Barca dan sang bintang sedang menjalani tahun terakhir kontraknya di Camp Nou. 

"Yang saya inginkan adalah berkomunikasi dengan Leo tentang hal-hal dalam pertandingan, tentang hal-hal yang terjadi di laga tertentu. Seperti halnya pemain atau kapten mana pun," kata Koeman, seperti dilansir Football Espana, Senin (7/12/2020). 

“Anda tidak perlu mencurahkan energi untuk masalah di luar itu. Sebagai pelatih saya selalu harus mencari performa maksimal dari setiap pemain. Leo sangat penting dalam skema serangan kami, banyak serangan kami datang melalui dia."

“Dalam hal itu saya setuju dengannya bahwa dia adalah paling mudah disalahkan berkali-kali. Saya tidak berpikir Lionel Messi melakukan kesalahan. Ini masalah seluruh tim, di mana secara defensif kami harus lebih agresif. Dalam beberapa pertandingan kami belum cukup efektif," imbuh Koeman. 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Ronald Koeman Kesal

Sebelumnya, Ronald Koeman juga tidak bisa menyembunyikan ketidakpuasan atas hasil dan performa anak asuhnya, terutama di Liga Spanyol. Bahkan, ia terang-terangan mengungkapkan ketidakpuasan dan kekecewaan itu langsung kepada para pemainnya. 

"Ada perbedaan antara kekalahan pada Sabtu (melawan Cadiz) dan saat menghadapi Atletico Madrid. Kami harus menganalisis bagaimana mereka mencetak gol ke gawang kami, bagaimana mereka menciptakan situasi berbahaya, dan efektif menyerang," kata Koeman dalam sesi konferensi pers menjelang laga Liga Champions melawan Juventus, seperti dilansir Football Espana, Senin (7/12/2020). 

"Saya bilang kepada para pemain bahwa saya kesal. Ini yang terjadi ketika tim saya kalah. Di Barcelona, Anda tidak bisa menerima begitu saja gol-gol yang masuk ke gawang kami dalam beberapa pertandingan lalu," imbuh Ronald Koeman. 

Sumber: Football Espana 

Video Populer

Foto Populer