Sukses


Liga Spanyol: 6 Kali Menang Beruntun, Zidane Memaksimalkan Pemain Terbaik Real Madrid

Bola.com, Jakarta - Real Madrid kini berada dalam permainan terbaiknya. Namun, tanda tanya besar berada di sekitar sang pelatih, Zinedine Zidane, karena minim melakukan rotasi pemain dalam jadwal pertandingan yang padat.

Real Madrid sempat berada di titik nadir ketika kalah dalam dua laga secara beruntun, yaitu ketika menghadapi Alaves di La Liga dan Shakhtar Donetsk di Liga Champions.

Namun, Los Blancos kemudian bangkit lewat kemenangan 1-0 atas Sevilla. Setelah itu, Real Madrid meraih lima kemenangan lanjutan dalam setiap pertandingan yang mereka jalani.

Bukan hanya sekadar meraih kemenangan, Real Madrid juga hanya kebobolan dua gol dan mampu mencetak 13 gol. Performa yang sangat mengesankan berhasil diperlihatkan tim asuhan Zinedine Zidane.

Namun, ada satu fakta yang menarik dari enam laga yang berakhir kemenangan bagi Real Madrid. Zinedine Zidane menggunakan sebagian pemain yang sama dalam setiap pertandingan.

Video

2 dari 3 halaman

Zidane Tidak Berani Rotasi?

Zinedine Zidane sudah menemukan starting XI terbaiknya dan hasilnya bisa dilihat dalam enam laga terakhir. Jika pada awal musim Zidane acap kali melakukan kombinasi, kini Zidane mulai terpaku kepada nama yang sama dalam setiap laga.

Trio Casemiro, Luka Modric, dan Toni Kroos terus menjadi andalan di lini tengah. Dani Carvajal, Raphael Varane, Sergio Ramos, dan Ferland Mendy jadi pilihan utama di belakang. Sedangkan, Vinicius, Karim Benzema, dan Rodrygo jadi tumpuan di depan.

Zidane hanya melakukan rotasi saat pemain intinya tidak dalam kondisi bugar atau memang harus absen. Sesekali dia memainkan Lucas Vazquez atau Fede Valverde. Nama-nama seperti Martin Odegaard atau Luka Jovic pun makin jarang bermain.

Sikap Zidane yang tidak melakukan banyak rotasi tentu mengandung risiko. Dari balik rangkaian hasil apik, Real Madrid kini terancam kelelahan atau bahkan dilanda badai cedera, seperti Rodrygo yang mengalami cedera dan menjadi kasus yang harus diwaspadai.

Pemain asal Brasil itu harus absen selama tiga bulan karena cedera yang dialami.

3 dari 3 halaman

Penjelasan Zidane?

Zinedine Zidane tidak menutup mata terhadap kasus cedera yang dialami Rodrygo. Namun, pelatih Real Madrid itu yakin keputusannya sudah tepat. Sebab, dia punya tim yang secara khusus mengawasi kondisi pemain dengan risiko cedera yang dialami.

"Ada banyak profesional di sini dan ada orang yang sangat kompeten yang memperhatikan risiko cedera para pemain," jelas Zidane.

"Kami tidak akan pernah mengambil risiko jika kami tahu seorang pemain bisa mengalami cedera. Secara umum, risiko ada, karena ada banyak pertandingan dan sesi latihan. Tapi, ada orang yang sangat bagus untuk melihat hal tersebut," lanjutnya.

Sumber: Marca

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, published 30/12/2020)

Video Populer

Foto Populer