Sukses


Liga Spanyol: Ada Pemain Bintang yang Tak Dibayar Gajinya, Semiskin Itukah Barcelona?

Bola.com, Jakarta - Barcelona dikabarkan gagal membayar satu di antara pemain tim utama mereka pada bulan Desember 2020. Diketahui, Barcelona mengalami krisis finansial sejak pandemi virus corona melanda sepak bola Eropa Maret tahun lalu.

Pemain tim utama Barcelona biasanya mendapatkan gaji dalam dua kali cicilan, yang pertama pada bulan Juni dan satu lagi pada bulan Desember. Namun, ada pemain yang belum menerima pembayaran kedua mereka.

Menurut laporan radio Cadena COPE, situasi keuangan Barcelona sedang sangat parah. Mereka masih berutang kepada 19 klub, sekitar  112 juta pounds terkait biaya transfer. Dengan Liverpool, utang Barcelona 25 juta pounds dari penjualan Philippe Coutinho, yang meninggalkan Anfield pada Januari 2018.

Di sisi lain, klub di seluruh Eropa telah sepakat dengan pemain mereka untuk pemotongan gaji karena pandemi sejak April. Namun, Barcelona baru berhasil melakukannya dengan semua skuad tim utama mereka pada akhir November.

Diperkirakan, pemotongan gaji tersebut dapat membantu klub menghemat hingga 109 juta pounds, meskipun target mereka di angka 170 juta.

Gerard Pique dan Frenkie de Jong termasuk di antara pemain Barcelona yang bersedia dipotong gaji pada April tahun lalu. Nmun nama-nama bintang seperti Lionel Messi, yang gajinya diyakini sekitar 26 juta pounds per tahun, hanya setuju untuk mengurangi pemotongan pada November.

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Utang Menggunung

Barcelona benar-benar krisis. Keuangan mereka dikabarkan minus 535 juta pounds, yang terutama disebabkan oleh penurunan pendapatan karena pertandingan yang dimainkan secara tertutup, tagihan gaji mereka sangat tinggi.

Minimnya pendapatan membuat utang Barcelona kian menggunung. Kabarnya, utang mereka sudah mencapai 1 miliar euro. 

Kalau dirupiahkan dengan kurs sekarang, utang Barca mencapai Rp17,1 triliun. Barcelona ingin memperbaiki kondisi finansial mereka tahun ini. Namun, pandemi COVID-19 yang belum juga usai membuat klub makin ketar-ketir.

Menurut laporan yang sama, Barca sekarang berusaha mencegah kebangkrutan. 

Utang Barcelona terdiri dari 420 juta euro yang harus dilunasi dalam 12 bulan ke depan. Ini akan menjadikan prioritas presiden Barcelona terbaru, yang akan dipilih pada bulan ini.

Kabarnya, setiap kandidat sudah menyepakati tagihan gaji klub harus dipotong. Selain itu, Barcelona juga tidak bisa membeli pemain tahun ini.

Sumber: Cadena COPE via Sportsmole

Video Populer

Foto Populer