Sukses


5 Pembelian Termahal Barcelona dari Ligue 1, Perlu Beli Kylian Mbappe Juga Enggak Nih?

Bola.com, Jakarta - Barcelona baru saja menderita kekalahan memalukan dari PSG di leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Camp Nou, Rabu (17/2/2021) dini hari WIB. PSG yang jadi pelanggan juara Ligue 1 kerap diremehkan. Kemenangan menyakinkan ini membuktikan kalau Kylian Mbappe dkk. pantas diperhitungkan sebagai kandidat juara musim ini.

Walau bertabur bintang, PSG tak pernah benar-benar dihitung sebagai kandidat juara Liga Champions. Mereka dianggap menjalani kompetisi domestik yang terlalu gampang. Dengan keuangan berlimpah PSG tak memiliki pesaing di Ligue 1.

Kalau mau jujur sejatinya kualitas Ligue 1 tak bisa diremehkan. Kompetisi kasta elite Prancis tersebut amat produktif mencetak pemain kelas dunia.

Ligue 1 dianggap kompetisi paling ideal menempa pemain-pemain belia seantero dunia sebelum akhirnya merekah di klub-klub elite Benua Biru.

Barcelona punya banyak sejarah dengan klub-klub yang berasal dari Prancis. Mereka sering berbelanja pemain dari sana.

Tidak sedikit para pemain yang didatangkan dari Ligue 1 meraih kesuksesan di Camp Nou. Bahkan di antara mereka ada dibeli dengan harga yang cukup mahal.

Berikut ini lima pembelian termahal Barcelona dari klub-klub Ligue 1.

2 dari 7 halaman

Philippe Christanval

Bermaksud memperkuat lini pertahanannya, Barcelona merekrut Philippe Christanval pada musim panas 2001. Bek asal Prancis itu didatangkan dari AS Monaco dengan harga 17 juta euro.

Namun, karier Christanval di Camp Nou ternyata tidak berlangsung lama. Ia hanya tampil sebanyak 47 penampilan dari 2001 hingga 2003.

Setelah gagal bersinar di Spanyol, Christanval kembali ke klub Prancis lainnya, Marseille. Christanval pensiun pada usia 31 di tahun 2009 karena tak bisa menemukan klub baru.

3 dari 7 halaman

Sonny Anderson

Sonny Anderson mendarat di Barcelona pada musim panas 1997. Dia didatangkan dari AS Monaco dengan biaya yang mencapai 18 juta euro.

Anderson mempunyai karier yang cukup bagus bersama Blaugrana. Dia berhasil memenangkan dua gelar La Liga secara berturut-turut di Camp Nou.

Penyerang asal Brasil itu juga mencetak 21 gol di semua kompetisi selama dua tahun di klub. Pada tahun 1999, Anderson memutuskan meninggalkan Barcelona dengan bergabung Lyon.

4 dari 7 halaman

Samuel Umtiti

Samuel Umtiti direkrut Barcelona pada musim panas 2016 dari klub Prancis, Lyon. Blaugrana mengeluarkan 25 juta euro untuk mendapatkan tanda tangan Umtiti.

Pada awalnya, Umtiti selalu menjadi pilihan utama di barisan belakangan Barcelona. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, Umtiti mulai kehilangan tempatnya karena masalah cedera.

Sejauh ini pemain berusia 27 tahun itu sudah mencatatkan 126 penampilan bersama Blaugrana. Dia juga memenangkan dua gelar La Liga dan dua Copa de Rey selama berada di Camp Nou.

5 dari 7 halaman

Ronaldinho

Ronaldinho datang ke Barcelona dari PSG pada tahun 2003. Pemain asal Brasil itu ditebus dengan biaya sebesar 32,5 juta euro.

Ronaldinho terbukti menjadi salah satu pembelian terbaik Barcelona. Dia menjadi ikon baru di Camp Nou dan berhasil mengantarkan Blaugrana meraih kesuksesan.

Ronaldinho memenangkan dua gelar La Liga, dua Supercopa de Espana dan satu Liga Champions selama berada di Camp Nou. Ronaldinho akhirnya meninggalkan Barca pada musim panas 2008 dengan bergabung AC Milan.

6 dari 7 halaman

Malcom

Malcom didatangkan Barcelona dari Bordeaux pada musim panas 2018 dengan biaya sebesar 41 juta euro. Kendati demikian, karier Malcom di Barcelona tidak berjalan mulus.

Malcom kesulitan mendapatkan kesempatan bermain reguler di Barcelona. Pemain Brasil itu tercatat hanya turun dalam 24 pertandingan di semua kompetisi.

Malcom cuma bertahan selama satu musim di Camp Nou. Mantan pemain Corinthians itu pada akhirnya dilepas ke Zenit St. Petersburg saat musim panas 2019.

Sumber asli: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 16/2/2021)

7 dari 7 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer