Sukses


Copa del Rey: Head to Head dan Fakta Perjalanan Athletic Bilbao Vs Barcelona

Bola.com, Jakarta - Athletic Bilbao dan Barcelona akan bertarung di babak final Copa del Rey 2020/2021, Minggu (18/4/2021) di Estadio La Cartuja, Sevilla. Ini merupakan laga spesial karena merupakan pertemuan keempat sepanjang musim, dan kedua di partai final.

Barcelona memenangi dua pertemuan di La Liga. Pada pekan ke-2, Barcelona menang 3-2 di markas Bilbao. Dua gol Bilbao dicetak oleh Inaki Williams dan Iker Muniain. Tiga gol Barcelona diciptakan oleh Pedri dan Lionel Messi (2).

Pada pekan ke-21, Barcelona menaklukkan Bilbao 2-1 di Camp Nou. Lionel Messi dan Antoine Griezmann masing-masing menyumbang satu gol, sedangkan Jordi Alba mencetak satu gol bunuh diri.

Di antara dua pertemuan di La Liga itu, Bilbao dan Barcelona juga berjumpa di final Supercopa de Espana. Bilbao mengalahkan Barcelona 3-2 lewat extra time. Tiga gol Bilbao dicetak oleh Oscar De Marcos, Asier Villalibre, dan Inaki Williams, sedangkan dua gol Barcelona diborong Antoine Griezmann.

Di final itu, selain gagal menjadi juara, Barcelona juga kehilangan Messi yang diganjar kartu merah. Kali ini, mereka bertemu di final Copa del Rey alias Piala Raja.

Bilbao adalah pemilik 23 gelar Copa del Rey, terbanyak kedua. Bilbao terpaut tujuh di belakang pemegang rekor gelar juara kompetisi ini, yakni Barcelona (30).

Bilbao sampai di final musim ini usai menyingkirkan Ibiza (2-1), Alcoyano (2-1), Real Betis (1-1, penalti 4-1), dan Levante (agregat 3-2). Sementara itu, Barcelona telah melewati hadangan Cornella (2-0, extra time), Rayo Vallecano (2-1), Granada (5-3, extra time), dan Sevilla (agregat 3-2).

Bertemu Bilbao di partai puncak, Barcelona tentu siap berjuang untuk membalas kekalahan di final Supercopa. Mampukah Messi memimpin rekan-rekannya untuk melakukan pembalasan dan mengangkat trofi juara?

2 dari 4 halaman

Statistik Kedua Tim

  • Terakhir kali Bilbao dan Barcelona bertemu di Copa del Rey adalah di perempat final musim lalu, di mana Bilbao menang 1-0 lewat gol tunggal Inaki Williams.
  • Bilbao sedang mengalami penurunan performa; selalu gagal menang dalam 5 laga terakhirnya di semua kompetisi (M0 S4 K1).
  • Selalu tercipta maksimal 2 gol dalam 4 laga terakhir Bilbao di semua kompetisi.
  • Barcelona sempat melalui 9 laga di semua kompetisi tanpa terkalahkan (M7 S2 K0) sebelum takluk 1-2 dari Real Madrid di La Liga akhir pekan lalu.
  • Selalu tercipta minimal 3 gol dalam 3 laga terakhir Barcelona melawan Bilbao di semua kompetisi.
  • Barcelona memenangi 3 dari 4 laga terakhirnya melawan Bilbao di semua kompetisi (M3 S0 K1).

 

3 dari 4 halaman

Perjalanan Athletic Bilbao dan Barcelona hingga ke Final Copa del Rey

Athletic Bilbao meraih kemenangan tipis 2-1 atas Ibiza pada babak 16 besar Copa del Rey. Sementara Barcelona menang 2-0 atas Cornella meski dengan susah payah dan harus melalui babak tambahan.

Pada babak 8 besar, Barcelona menyingkirkan Rayo Vallecano, lagi-lagi dengan usaha ekstra. Sementara Athletic Bilbao mengalahkan Alcoyano 2-1.

Bilbao akhirnya bertemu 'lawan sepadan' pada babak perempat final. Bertamu ke markas Real Betis, Iker Muniain dkk. menang 2-1 lewat drama adu penalti.

Sementara Barcelona, meski tidak sampai adu penalti, susah payah mengalahkan Granada 5-3. Lionel Messi cs sampai harus melalui babak tambahan.

Memasuki semifinal, Barcelona yang kalah 0-2 pada pertemuan pertama akhirnya sukses melakukan comeback. Sevilla yang datang ke Camp Nou dengan kepercayaan diri tinggi tersingkir dengan aggragate 2-3.

Sementara itu, Athletic Bilbao juga harus melalui babak tambahan setelah bermain imbang 1-1 pada pertemuan pertama. Mereka pada akhirnya menang 2-1 dan bersua Barcelona di semifinal Copa del Rey.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Video Populer

Foto Populer