Sukses


Komentar Diego Simeone dan Carlo Ancelotti Terkait Polemik Guard of Honour pada Laga Atletico Vs Real Madrid

Bola.com, Madrid - Real Madrid akan menghadapi Atletico Madrid pada laga pekan ke-35 La Liga di Estadio Wanda Metropolitano, Senin (9/5/2022) dini hari WIB. Duel bertajuk El Derbi madrileno itu diwarnai polemik guard of honour.

Guard of honour adalah salah satu tradisi di Liga Spanyol yang diberikan kepada klub juara pada pertandingan berikutnya. Real Madrid mengunci juara La Liga 2021/2022 setelah mengalahkan Espanyol pekan lalu (30/4/2022).

El Real berada di posisi teratas dengan nilai 81, unggul 12 poin atas Barcelona di urutan kedua. Dengan pertandingan yang menyisakan tiga laga lagi, perolehan poin Madrid tak mungkin lagi bisa dikejar para rivalnya.

Kebetulan, setelah mengunci gelar juara, Real Madrid bakal melawan rival sekota, Atletico Madrid. Jadi, jika sesuai tradisi, seharusnya Atletico memberikan guard of honour kepada pemain Madrid ketika memasuki lapangan.

Masalahnya, pihak Atletico Madrid sudah memastikan bahwa mereka tidak akan memberikan guard of honour untuk Real Madrid pada pertandingan Senin dini hari WIB. Mengapa begitu?

 

2 dari 4 halaman

Penjelasan Diego Simeone

Sikap Atletico menolak memberikan guard of honour tentu menuai beragam reaksi. Sebagian mengecam Los Rojiblancos, karena tidak menunjukkan sikap sportif dalam kompetisi.

Kendati demikian, pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone, menegaskan timnya tetap menaruh respek kepada Los Blancos meski tidak akan memberikan guard of honour.

"Faktanya seperti yang dikatakan klub di press release, di situ dijelaskan dengan sempurna. Klub memberi selamat untuk Real Madrid dan tentu kepada para pemain, staf teknis, sebab mereka sudah bekerja dengan baik," kata Simeone.

"Kami menaruh respek kepada Real Madrid, tetapi lebih besar respek kepada fans kami. Saya tidak tahu apakah tradisi ini dilakukan di kompetisi dunia lainnya," tambahnya.

 

3 dari 4 halaman

Reaksi Carlo Ancelotti

Sikap Atletico yang menolak memberikan guard of honour bisa diartikan sebagai bentuk ketidaksukaan terhadap Madrid. Biar begitu, pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti, menegaskan pihaknya tidak ada masalah dengan sikap tersebut.

"Orang-orang Italia juga tidak biasa memberikan guard of honour. Setiap orang berhak melakukan apa yang terbaik menurut mereka dan kami harus menghargai itu," ujar Ancelotti.

"Kami menaruh respek tinggi terhadap Atletico, terhadap para pemain dan pelatih mereka. Mereka tetangga kami, teman-teman kami."

"Jika mereka melakukannya, bagus, dan jika mereka tidak melakukannya, tidak masalah. Kami akan menghargai mereka apa pun pilihannya," jelasnya.

Sumber: Atletico Madrid, Real Madrid

Disadur dari: Bola.net (Richard Andreas/Published: 08/05/2022)

4 dari 4 halaman

Yuk Tengok Posisi Real Madrid dan Atletico Madrid:

Video Populer

Foto Populer