Sukses


Liga Spanyol: Permintaan Kontrak Lionel Messi Bocor, Barcelona Siap Tempuh Jalur Hukum

Bola.com, Jakarta - Barcelona menyiapkan langkah hukum terhadap media Spanyol terkait bocornya informasi berisikan tuntutan kontrak Lionel Messi.

Rabu (21/9/2022) waktu setempat, El Mundo Deportivo mengklaim kalau Lionel Messi meminta beberapa permintaan khusus pada musim panas 2020. Namun, kedua pihak tidak mencapai kata sepakat, sehingga La Pulga akhirnya habis kontrak dan pergi.

Seperti diketahui, sebelum Lionel Messi cabut ke PSG, Barcelona sebelumnya sudah mencoba untuk memperpanjang kontrak pemain asal Argentina tersebut. El Mundo Deportivo, baru-baru ini, membocorkan poin-poin yang diminta megabintang asal Argentina tersebut.

Apa saja request Lionel Messi kepada Barcelona?

2 dari 6 halaman

Request Khusus

Ada sembilan syarat yang diminta Lionel Messi pada 2020. Satu di antaranya adalah kontrak tiga tahun.

Selain itu, Messi juga meminta ruangan khusus yang diyakini diperuntukan hanya kepada keluarganya dan keluarga Luis Suarez. La Pulga juga ingin bonus perpanjangan kontrak mencapai 10 juta euro.

Tak kalah unik, Messi bahkan meminta jet pribadi yang akan digunakannya untuk kembali ke Argentina saat perayaan Natal.

 

3 dari 6 halaman

Tak Sanggupi Dua Syarat

Presiden Barcelona saat itu, Josep Maria Bartomeu, ternyata bisa menyanggupi hampir semua syarat yang diajukan oleh Lionel Messi. Tepatnya ada tujuh syarat yang diberi lampu hijau.

Artinya ada dua syarat yang tak bisa dipenuhi. Syarat pertama adalah permintaan untuk bonus sebesar 10 juta euro.

Syarat kedua adalah perubahan nominal klausul rilisnya. Ini tampaknya jelas cukup bagi Lionel Messi untuk cabut dari barcelona.

Namun Messi saat itu gagal cabut dari Barcelona, klub yang ia klaim memperlakukannya bak seorang tahanan. Pada akhirnya ia pergi juga dari Camp Nou di tahun berikutnya.

4 dari 6 halaman

Siap Pidanakan El Mundo Deportivo

Tak tinggal diam, Barcelona merilis pernyataan mengenai bocornya syarat tersebut. Dengan tegas, manajemen klub siap menempuh jalur hukum.

"Sehubungan dengan informasi yang dipublikasikan di El Mundo dengan judul 'Barca Bocor, arsip rahasia klub', Barcelona menyatakan kemarahannya atas pembocoran informasi yang disengaja yang merupakan bagian dari proses hukum," kata klub Catalan itu dalam sebuah pernyataan.

"Klub menyesali bahwa media yang bersangkutan membanggakan memiliki 'akses ke sejumlah besar dokumen dan email yang merupakan bagian dari penyelidikan Barcagate' ketika informasi ini belum dibagikan."

"Bagaimanapun, artikel yang dipermasalahkan membuat dokumen publik yang tidak ada hubungannya dengan kasus yang sedang berlangsung dan penggunaannya merupakan penghinaan terhadap reputasi dan kerahasiaan klub. Untuk alasan itu, dan dengan tujuan melindungi hak-hak Barcelona, departemen hukum klub sedang mempelajari langkah-langkah hukum yang perlu diambil."

5 dari 6 halaman

9 Syarat Messi kepada Barcelona

  • 1. Kontrak Tiga Tahun

Lionel Messi saat itu masih berusia 33 tahun. Ia juga masih berstatus sebagai pemain terbaik di dunia. Jadi perpanjangan kontrak tiga tahun dirasa akan pas bagi Messi.

  • 2. Ruangan Khusus

Ruangan khusus ini sepertinya adalah box VVIP di Camp Nou. Lionel Messi ingin ruangan itu khusus bagi keluarganya dan juga keluarga Luis Suarez saja.

  • 3. Bonus Perpanjangan Kontrak

Lionel Messi juga meminta perpanjangan kontrak. Besarnya mencapai 10 juta euro. Namun saat itu Barcelona sedang mengalami masalah keuangan.

  • 4. Perubahan Nominal Klausul Rilis

Lionel Messi punya klausul rilis fantastis senilai 700 juta euro dalam kontrak lamanya. Messi ingin klausul itu diubah hanya menjadi 10 ribu euro. Dengan demikian Messi bisa bebas menentukan klub baru jika ia menginginkannya.

  • 5. Kembalikan Uang Pemotongan Gaji dan Bunganya

Dunia sedang dilanda pandemi Covid-19 dan Barcelona termasuk klub yang terkena imbasnya. Alhasil seluruh tim harus rela gajinya dipangkas. Lionel Messi ingin uang yang dipotong itu dibayar kembali dan disertai bunga sebesar tiga persen.

  • 6. Pesawat Jet Pribadi Saat Natal

Lionel Messi juga minta disediakan jet pribadi dan juga bagi keluarganya. Ia ingin pesawat itu tersedia saat Natal agar bisa kembali ke Argentina.

  • 7. Kenaikan Gaji dan Pajak

Jika pemerintah Spanyol memutuskan menaikkan pungutan pajak, Lionel Messi berharap perubahan tersebut tak berdampak pada jumlah gaji pokoknya. Jadi ia meminta Barcelona mengatasi masalah tersebut dengan menaikkan gajinya.

  • 8. Asisten Pribadi

Lionel Messi ternyata punya asisten pribadi yang bernama Pepe Costa. Namun Pepe terancam didepak karena masalah keuangan yang menimpa klub. Messi ingin Barcelona mempertahankan sang asisten.

  • 9. Komisi untuk Keluarga

Lebih tepatnya komisi bagi kakaknya yakni Rodrigo. Lionel Messi ingin sang saudara mendapat cipratan dari perpanjangan kontraknya di Barcelona.

 

Sumber: Barcelona

6 dari 6 halaman

Posisi Barcelona Saat Ini

Video Populer

Foto Populer