Sukses


Liga Spanyol: 5 Bintang El Clasico Terbaik Sepanjang Masa

Bola.com, Jakarta - Ketika Real Madrid dan Barcelona bertemu, dengan tajuk ElClasico, pertandingan ini bukan hanya tentang sepak bola. Ada intrik-intrik menggelitik seperti ketegangan budaya dan lain sebagainya.

Bicara klasemen Liga Spanyol saat ini, Barcelona bisa berbangga hati karena memimpin 12 poin atas Real Madrid. Selain itu, head to head kedua kesebelasan dalam beberapa pertemuan terakhir tidak memihak pada Los Blancos.

Sejak Xavi mengambil alih Barcelona, timnya telah lima kali melawan Madrid di luar Camp Nou dalam 16 bulan tersebut. Rekor mereka menang empat, kalah satu.

Terlepas dari statistik yang menyertai perjumpaan Barcelona dan Real Madrid, ElClasico menyimpan banyak momen bersejarah yang tercipta berkat para bintang di atas lapangan.

Berikut ini bintang-bintang terbaik ElClasico:

2 dari 7 halaman

Lionel Messi

Tidak ada keraguan seputar status bintang Messi dalam sejarah ElClasico.

Pemain Argentina itu adalah pencetak gol terbanyak ElClasico sepanjang masa, dengan 26 gol dalam 45 penampilan di seluruh kompetisi. 15 dari 26 gol dicetrak di laga tandang kala bermain di Santiago Bernabeu, membuatnya sangat mengesankan.

3 dari 7 halaman

Cristiano Ronaldo

Bicara tentang Messi tak akan terlepas dari Cristiano Ronaldo. Penyerang Portugalitu menghabiskan tahun-tahun puncak kariernya di Real Madrid dan menjadi bintang sejak 2009 hingga 2018.

Siapa yang bisa melupakan sundulannya di perpanjanganwaktu yang memenangkan final Copa del Rey 2011, atau golnya di Camp Nou 2011/2012 yang memastikan gelar LaLiga untuk skuat Jose Mourinho? Secara total, iamencetak 18 gol dari 30 pertandingan ElClasico.

4 dari 7 halaman

Alfredo Di Stefano

Sebelum Messi dan Ronaldo datang untuk memecahkan banyak rekor, pencetak gol terbanyak ElClasico adalah legenda Real Madrid, Alfredo Di Stefano. Ia secara kontroversial memilih pindah ke Real Madrid dari FC Barcelona pada 1953.

Di Stefano memulai kisah ElClasico-nya dengan dua gol saat Real Madrid menang 5-0 atas Barca dan mengakhirinya dengan kemenangan 4-0 pada 1963.

5 dari 7 halaman

Luis Figo

Sangat sedikit pemain yang pernah membela dua tim ini selama karir mereka, tetapi Luis Figo melakukannya pada 2000. Setelah bermain di ElClasico 13 kali dan mencetak tiga gol untuk FC Barcelona pada 1995-2000, pemain sayap Portugal itu pindah ke Real Madrid untuk menghadapi mantan timnya 10 kali.

6 dari 7 halaman

Sergio Ramos

Mantan kapten Real Madrid itu bermain di ElClasico sebanyak 45 kali, penampilan terbanyak kedua setelah Sergio Busquets. Ramos tidak pernah ragu untuk menyerang dengan mencetak lima gol.

Ia juga dikeluarkan dari lapangan sebanyak lima kali dalam pertandingan ElClasico, memastikan bahwa pertandingan tersebut tidak pernah kekurangan drama.

7 dari 7 halaman

Persaingan di Liga Spanyol 2022/2023

Video Populer

Foto Populer