Sukses


Saran Ilham Jayakesuma Buat Boaz Solossa di Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Kapten Timnas Indonesia, Boaz Solossa, menjadi figur yang penting pada langkah Tim Merah Putih di Piala AFF 2016. Boaz menjadi sosok pemimpin sekaligus pencetak gol andalan Tim Garuda asuhan Alfred Riedl.

Sejauh ini Boaz mencetak tiga gol. Koleksi gol tersebut dilesakkan ke gawang Thailand, Filipina, dan Vietnam. Ia hanya kalah dari striker Thailand, Teerasil Dangda, yang mencetak lima gol.

Jelang laga leg kedua babak semifinal menghadapi Vietnam, eks striker timnas Ilham Jayakesuma punya saran buat Boaz.

"Boaz akan lebih berbahaya kalau bergerak dari sektor sayap. Ia bisa menusuk ke kotak penalti atau menyisir sisi sayap," ujar Ilham yang menjadi top scorer Piala AFF 2004 dengan koleksi tujuh gol.

Saat bermain di Piala AFF 2004, Ilham menjadi striker utama. Pelatih Timnas Indonesia kala itu, Peter Withe, menempatkan Boaz di sayap kiri dan Elie Aiboy di sayap kanan.

"Saya tinggal menyesuaikan pergerakan Boaz dan Elie. Kalau mereka menusuk ke dalam kotak penalti, saya mencari ruang kosong. Sementara kalau mereka melebar ke sayap, saya tinggal menunggu di kotak penalti," lanjut Ilham.

Menurut eks penyerang Persita Tangerang ini, pergerakan Boaz menjadi terbatas kalau ia bermain sebagai striker murni. Hal ini terlihat pada laga lawan Vietnam.

"Boaz seringkali harus turun hingga tengah lapangan. Pemain dengan tipikal seperti Boaz akan lebih berbahaya kalau punya ruang yang lebar," ujar Ilham.

Timnas Indonesia akan dijamu Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi, Rabu (7/12/2016), pada leg kedua babak semifinal Piala AFF 2016. Pada leg pertama yang dimainkan di Stadion Pakansari, Cibinong, Sabtu (3/12/2016), Timnas Indonesia unggul 2-1. Jika bisa bermain minimal seri, Timnas Indonesia akan melangkah menuju laga final Piala AFF 2016.

Video Populer

Foto Populer