Sukses


Indonesia Tetap Ikuti Kualifikasi Piala AFC U-19

Bola.com, Jakarta - Indonesia berpeluang besar menjadi tuan rumah Piala Asia U-19 2018 setelah Presiden AFC, Salman bin Ibrahim Al-Khalifa, setuju untuk memberikan prioritas kepada PSSI sebagai tanda kembalinya Indonesia ke sepak bola internasional.

Meski berpeluang besar menjadi tuan rumah, PSSI akan tetap mengikutkan Timnas Indonesia U-19 dalam babak kualifikasi yang digelar pada 31 Oktober sampai 8 November 2017.

Salman bin Ibrahim Al-Khalifa belum lama ini mengunjungi Indonesia dan bertemu langsung dengan Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi. Dalam kunjungannya tersebut, Presiden AFC mengungkapkan komitmennya untuk memberikan prioritas kepada Indonesia menggelar Piala Asia U-19 2018 yang rencananya digelar 18 Oktober sampai 4 November 2018.

Menurut regulasi Piala Asia U-19 2018 yang dikeluarkan oleh AFC, dalam bab 3 pasal 5.3 mengenai keikutsertaan tim dalam putaran final, ada 16 tim yang ikut berpartisipasi dalam kompetisi dan diatur melalui: 1. lolos melalui babak kualifikasi, 2. menjadi asosiasi penyelenggara, dan 3. diundang oleh AFC untuk berpartisipasi di putaran final.

Dengan demikian, jika Indonesia benar-benar terpilih menjadi tuan rumah Piala Asia U-19 2018, maka Timnas Indonesia U-19 tidak perlu mengikuti kualifikasi Piala Asia U-19 2018 yang akan digelar pada 31 Oktober hingga 8 November 2017. Namun, PSSI memilih untuk tetap mengikutkan tim asuhan Indra Sjafri tersebut dalam babak kualifikasi sebagai salah satu bagian dari persiapan.

"Timnas U-19 akan tetap mengikuti kualifikasi karena itu juga merupakan sarana persiapan," ujar Direktur Media dan Hubungan Internasional PSSI, Hanif Thamrin, kepada Bola.com mengenai keikutsertaan Indonesia dalam Kualifikasi Piala Asia U-19 2018.

Hanif Thamrin juga menegaskan, soal Indonesia menjadi tuan rumah belum bisa dikonfirmasi. Namun, Hanif mengakui Salman bin Ibrahim Al-Khalifa memang menekankan bahwa Indonesia diprioritaskan untuk menjadi tuan rumah turnamen AFC pada tahun depan itu.

"Untuk konfirmasi belum bisa diberikan, karena tetap harus melalui proses yang resmi. Semua sudah kami lakukan dan rencananya AFC akan melakukan inspeksi stadion yang akan digunakan," ujar Hanif Thamrin.

"Memang Presiden AFC dan jajarannya memberikan dukungan agar Indonesia diprioritaskan menjadi tuan rumah. Mereka ingin Asia tahu Indonesia sudah kembali. Penekanannya adalah diprioritaskan, tapi semua syarat kelengkapan tetap harus kami jalani," lanjutnya.  

Sebelum Piala Asia U-19 2018, dan juga kualifikasinya, Timnas Indonesia U-19 akan lebih dulu berkompetisi di Piala AFF U-18 2017. Turnamen level Asia Tenggara itu rencananya akan digelar di Myanmar pada 4-17 September 2017.

Video Populer

Foto Populer