Sukses


5 Hal yang Akan Terjadi kepada Barcelona jika Catalunya Merdeka

Bola.com, - Catalunya mengadakan referendum untuk memisahkan diri dari Spanyol pada Minggu (1/10/2017). Kemerdekaan tersebut akan berimbas kepada Barcelona.

Bukan tanpa alasan, penyelenggara La Liga (LFP) menyatakan Barcelona tidak dapat bermain di kompetisi tersebut. Hal itu karena pemerintah Spanyol tidak mengizinkan klub dari negara lain, kecuali Andorra bermain di kompetisi mereka.

Menurut Presiden LFP, Javier Tebas, Barcelona membutuhkan izin dari Dewan Legislatif Spanyol untuk bermain di La Liga. Namun, izin tersebut sulit didapatkan karena Pemerintah Pusat Spanyol menganggap referendum Catalunya sebagai tindakan ilegal.

Barcelona dianggap tidak memiliki pesaing di Catalunya. Selain Los Azulgranas, kesebelasan wilayah tersebut yang tampil di La Liga hanya Espanyol dan Girona.

Alhasil, Barcelona terancam harus mencari kompetisi baru jika Catalunya merdeka. Menurut media-media setempat, Blaugrana membuka peluang bermain di beberapa kompetisi seperti Ligue 1, Serie A, dan Premier League.

Apabila Barcelona benar-benar keluar dari La Liga, hal tersebut akan terjadi perubahan peta kekuatan. Selain itu, akan ada beberapa hal yang terpengaruh kepergian Blaugrana.

Lantas, apa saja hal yang terjadi jika Catalunya merdeka dan Barcelona keluar dari La Liga? Berikut ini Bola.com merangkum lima di antaranya:

2 dari 6 halaman

La Liga Membosankan

Barcelona merupakan salah satu kekuatan utama La Liga bersama Real Madrid. Kedua kesebelasan itu merupakan tim yang paling sering memenangi kompetisi tersebut.

Sepanjang sejarah, Barcelona 24 kali memenangi La Liga. Jumlah itu hanya kalah dari Real Madrid yang telah 33 kali menjadi juara.

Selain itu, kedua kesebelasan selalu mengakhiri musim di peringkat pertama dan kedua dalam beberapa musim terakhir. Bahkan, selisih poin dengan posisi di bawahnya terlalu jauh.

Kehilangan Barcelona akan membuat Real Madrid menjadi penguasa tunggal La Liga. Alhasil, kompetisi tersebut akan menjadi lebih membosankan.

3 dari 6 halaman

Akhir El Clasico

Duel antara Barcelona dan Real Madrid dalam duel berjuluk El Clasico merupakan salah satu pertandingan terpanas dalam dunia sepak bola. Laga tersebut kerap menarik perhatian pencinta olahraga itu.

Terlebih, persaingan mereka dibumbui rivalitas Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo dalam beberapa tahun terakhir. Keduanya berlomba-lomba menjadi pesepak bola terbaik dunia.

Pertandingan kedua kesebelasan acapkali menghasilkan duel dengan tensi tinggi. Tidak jarang pemain kedua kesebelasan terlibat bentrokan fisik di atas lapangan.

Apabila Barcelona keluar dari La Liga, hal itu akan membuat laga El Clasico sulit untuk disaksikan. Keduanya terancam hanya dapat saling berhadapan pada kompetisi antarklub Eropa.

4 dari 6 halaman

Derby Madrid

Hilangnya El Clasico akan membuat pamor Derby Madrid meningkat. Pasalnya, Atletico Madrid akan menjadi satu-satunya pesaing utama Real Madrid di La Liga.

Selain itu, Atletico Madrid juga menjadi kesebelasan paling banyak nomor tiga memenangi La Liga setelah Real Madrid dan Barcelona. Los Rojiblancos 10 kali menjuarai kompetisi tersebut.

Dalam satu dekade terakhir, Atletico Madrid menjadi satu-satunya kesebelasan yang mampu memutus dominasi Real Madrid dan Barcelona. Mereka keluar sebagai juara La Liga 2013-2014.

Jika Atletico Madrid mampu memberikan perlawanan untuk Real Madrid, bukan tidak mungkin mereka akan mampu menggantikan posisi Barcelona.

5 dari 6 halaman

Pengaruhi Timnas Spanyol

Kemerdakaan Catalunya dari Spanyol akan memengaruhi La Furia Roja. Hal itu karena penggawa Barcelona kerap menjadi pilar timnas Spanyol.

Nama-nama seperti Andres Iniesta, Xavi Hernandez, dan Cesc Fabregas termasuk dalam tim yang menjuarai Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2008 serta 2012. Hal itu dipengaruhi sistem pembinaan Barcelona yang cukup baik.

Jika Barcelona merdeka dari Spanyol, maka La Furia Roja akan kehilangan salah satu sumber pemain berbakat. Pasalnya, Real Madrid lebih senang membeli pemain mahal yang berasal dari luar Spanyol.

Namun, beberapa pemain kelahiran Catalunya kemungkinan masih bisa bermain untuk timnas Spanyol, jika memiliki kewarganegaraan ganda, yakni Spanyol dan Catalunya.

6 dari 6 halaman

Liga Catalunya?

Jika Barcelona keluar dari La Liga, mereka harus mencari kompetisi baru untuk bermain. Sebelumnya, Presiden Catalunya telah menyatakan jika mereka dapat bermain di liga lain seperti Premier League atau Ligue 1.

Selain itu, mereka memiliki opsi lain dengan membuat Liga Catalunya. Namun, nampaknya pilihan itu tidak akan Barcelona ambil.

Kondisi itu karena wilayah Catalunya hanya memiliki tiga wakil pada kompetisi La Liga. Situasi tersebut membuat Liga Catalunya akan terlalu timpang dan tidak menarik.

Barcelona diprediksi akan memenangi kompetisi tersebut dengan mudah. Hal tersebut karena mereka memiliki materi pemain di atas klub-klub lain di Catalunya.

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer