Rivalitas Manchester United dan Liverpool, Kisah Para Penguasa Gelar Liga Inggris

oleh Arief Bagus diperbarui 30 Sep 2016, 12:45 WIB
Sukses juara sebanyak 20 kali membuat MU menjadi klub tersukses di Liga Inggris, disusul Liverpool pada posisi kedua dengan 18 gelar. Berikut 10 fakta rivalitas antara kedua klub penguasa gelar Liga Inggris itu.
Era 80an menjadi simbol kejayaan bagi Liverpool, mereka berhasil meraih tujuh gelar Liga Inggris. Hal itu menggenapi jumlah gelar The Reds menjadi 18 kali atau sebagai klub tersukses di Inggris saat itu. (www.the42.ie)
Kehadiran Sir Alex Ferguson sebagai pelatih MU menjadi perusak hegemoni kekuasaan Liverpool. Pria Skotlandia itu berhasil mempersembahkan 13 gelar juara Liga Inggris untuk Setan Merah. (AFP/Paul Ellis)
Michael Owen merupakan salah satu pemain yang pernah berseragam Liverpool dan juga MU. Striker berkebangsaan Inggris itu memulai karier di Liverpool dan sempat membela Setan Merah pada periode 2009-2012. (AFP/Paul Ellis)
Gelandang legendaris Liverpool, Steven Gerrard, menjadi salah satu pemain The Reds yang kerap membobol gawang MU. Dalam 33 laga melawan Setan Merah, Stevie G sudah mencetak 7 gol. (AFP/Paul Ellis)
Pada tahun 2011, MU berhasil melangkahi koleksi gelar Liverpool. Saat itu Setan Merah meraih gelar mereka yang ke-19, sementara The Reds masih tertahan dengan koleksi 18 gelarnya. (AFP/Michael Jones)
Laga terakhir gelandang Liverpool, Steven Gerrard, melawan MU diwarnai kartu merah. Kerasnya pertandingan membuat wasit Martin Atkinson terpaksa mengeluarkan Stevie G dari lapangan. (AFP/Paul Ellis)
Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, mengaku nyaris menjadi manajer MU pada 2013. Namun, pria berkebangsaan Jerman itu menolak tawaran tersebut dan memilih bertahan bersama Borussia Dortmund. (AFP/Justin Tallis)
Wonderkid MU, Anthony Martial, memiliki kenangan manis saat berjumpa Liverpool. Striker Prancis itu sukses mencetak gol saat debutnya di Liga Inggris melawan The Reds. (AFP/Oli Scarff)
Pada musim lalu, Liverpool masih belum menunjukan konsitensi performanya dan kembali gagal meraih gelar Liga Inggris. (AFP/Oli Scarff)
Penampilan MU juga masih belum stabil. Sepeninggal Sir Alex Ferguson, MU belum meraih lagi gelar Liga Inggris. Tumpuan berada di pundak Jose Mourinho yang akan mulai menukangi MU musim depan. (AFP/Oli Scarff)

Berita Terkait