10 Bintang Dunia yang Pensiun Dini dari Tim Nasional

oleh Arief Bagus diperbarui 19 Jul 2016, 19:45 WIB
Nama-nama tenar seperti Zinedine Zidane, Eric Cantona, Alan Shearer, dan Philipp Lahm termasuk diantara pemain yang memilih mengundurkan diri dari tim nasional di saat masih berada di puncak penampilan. (AFP)
Eric Cantona pensiun dari Timnas Prancis tahun 1995 saat berusia 29 tahun setelah dihukum oleh Asosiasi Sepakbola Prancis karena menendang penonton saat laga Manchester United melawan Crystal Palace di musim 1994-95. (AFP/Gerard Julien)
Alan Shearer membuat debut untuk Timnas Inggris pada usia 22 tahun, tetapi memutuskan pensiun dari Timnas Inggris seusai tersingkir dari Euro 2000 di usianya yang masih 30 tahun. (AFP/Adrian Dennis)
Zinedine Zidane memutuskan pensiun dari Timnas Prancis setelah mendapat kartu merah di final Piala Dunia 2006. Zidane masih dianggap sebagai gelandang terbaik Prancis sampai saat ini. (AFP/Daniel Garcia)
Paul Scholes pensiun dari Timnas Inggris tahun 2004 saat berusia 30 tahun setelah bermain 66 kali dan mencetak 24 gol. Keluarga dan karier di klub yang lebih penting menjadi alasannya pensiun dini. (AFP/Adrian Dennis)
John Terry pensiun dari Timnas Inggris pada September 2012 setelah kasus pelecehan terhadap Anton Ferdinand. Saat itu Terry belum genap berusia 32 tahun. (AFP/Jeff Pachoud)
Philipp Lahm, kapten Timnas Jerman ini memutuskan pensiun setelah menjuarai Piala Dunia 2014 saat berusia 31 tahun. Lahm telah bermain dalam 113 pertandingan Timnas Jerman dan saat ini masih bermain untuk Bayern Munchen. (AFP/Fabrice Coffrini)
Jamie Carragher meninggalkan Timnas Inggris pada musim panas 2007 setelah frustasi karena tidak terpilih dalam tim inti. Carragher sempat kembali ke Timnas Inggris di Piala Dunia 2010 di bawah pelatih Fabio Capello. (AFP/Jewel Samad)
Franck Ribery memilih pensiun dari Timnas Prancis seusai Piala Dunia 2014 dalam usia 31 tahun. Frustasi karena cedera yang terus mendera membuat pemain yang sudah bermain 81 kali untuk Timnas Prancis ini memilih pensiun dini. (AFP/Franck Fife)
Akibat ketidakcocokan dengan pelatih Timnas Prancis, Didier Deschamps, membuat Samir Nasri memilih pensiun dari kancah internasional di usia 27 tahun. (AFP/Lionel Bonaventure)
Gelandang Timnas Ghana ini pensiun dari kancah internasional dalam usia 24 tahun. Kevin-Prince Boateng berpandangan bahwa karier di klub lebih penting dibanding mewakili negara. (AFP/Javier Soriano)