Franz Beckenbauer dan 9 Pemain yang Bersinar pada Piala Eropa 1960 - 1970

oleh Arief Bagus diperbarui 16 Apr 2016, 08:45 WIB
Mulai dari kiper legendaris Italia, Dino Zoff hingga bek tangguh Jerman, Franz Beckenbauer, menjadi bintang-bintang sepak bola Eropa yang pernah mentas di ajang Euro Cup. Berikut 10 bintang dunia yang bersinar pada Piala Eropa periode 1960-1970.
1. Dino Zoff, kiper legendaris Italia itu berhasil mempersembahkan gelar juara Eropa pada tahun 1968, dirinya menjadi salah satu bintang Azzurri kala itu. (www.storiedicalcio.altervista.org)
2. Gerd Muller, striker tim Jerman Barat ini merupakan top skor pada Piala Eropa tahun 1972, dirinya juga menjadi pencetak dua gol saat Jerman Barat mengalahkan Uni Soviet di partai final. (UEFA)
3. Franz Beckenbauer, bek tangguh asal Jerman Barat ini merupakan bagian dari generasi emas tim Panser pada Piala Eropa 1972, sulit untuk bisa menembus penjagaannya. (UEFA)
4. Giacinto Facchetti, kapten timnas Italia saat menjadi juara Piala Eropa tahun 1968, jiwa kepemimpinannya membawa Azzurri ke puncak tertinggi. (www.storiedicalcio.altervista.org)
5. Valentin Ivanov, striker asal Uni Soviet ini berhasil membawa negaranya juara Piala Eropa 1960 dan dirinya juga menjadi salah satu pencetak gol terbanyak. (UEFA)
6. Ferenc Bene, meskipun gagal membawa Hungaria juara pada Piala Eropa 1964, namun saat itu dirinya mampu mencetak dua gol dan menjadi salah satu top skor. (UEFA)
7. Dragan Dzajic, bomber asal Yugoslavia ini berhasil tampil mengejutkan dengan mencetak empat pada Piala Eropa 1968 serta sukses membawa negaranya ke partai final. (UEFA)
8. Sepp Maier, kiper asal Jerman Barat ini penampilannya pada Piala Eropa cukup mengesankan, dirinya menjadi tembok tangguh pertahanan terakhir bagi pasukan Panser. (www.vavel.com)
9. Marian Masny, dirinya merupakan salah satu gelandang serang asal Ceko saat membuat kejutan menjadi juara Piala Eropa pada tahun 1976. (www.futbalsfz.sk)
10. Dieter Muller, striker Jerman Barat ini menjadi top skor pada Piala Eropa 1976 dengan torehan empat gol, sayang di partai final Jerman Barat dikalahkan Cekoslovakia. (UEFA)