Pengabdian 25 Tahun Ryan Giggs untuk Setan Merah

oleh Vitalis Yogi Trisna diperbarui 05 Mar 2016, 10:45 WIB
Mulai dari Beckham, CR 7, hingga Nani silih berganti mengisi posisi gelandang kanan MU, namun untuk sisi kiri praktis hanya ada nama Ryan Giggs. Gambaran sebuah kesetian pria asal Wales itu yang sudah mengabdi selama 25 tahun untuk Setan Merah.
Ryan Giggs memulai karier bersama MU pada 2 Maret 1991 pada laga Divisi Satu Liga Inggris melawan Everton. Kala itu gelandang Wales tersebut masuk mengantikan Dennis Irwin. (AFP/Christophe Simon)
Laga debut Giggs tidak semerlang Marcus Rashford yang berhasil mencetak dua gol. Bahkan pada debut itu MU takluk 0-2. (AFP/Rebecca Naden)
Meski laga perdan berlangsung mengecewakan, namun karier Giggs bersama MU sangat cemerlang. Dirinya sukses mencetak 155 gol dari 880 penampilan pada semua laga. (AFP/Paul Barker)
Pada kariernya bersama Manchester United, Ryan Giggs berhasil mempersembahkan 35 gelar juara untuk The Red Devils. (AFP/Paul Ellis)
Sepanjang karirnya bersama Setan Merah, Ryan Giggs tidak pernah sekalipun menerima kartu merah. (AFP/Luis Manuel Neves)
Pria kelahiran Kota Cardiff itu melampaui catatan 758 penampilan Sir Bobby Charlton di semua ajang bersama MU. Giggs mencatatkan 759 laga dengan The Red Devils ketika menghadapi Chelsea di final Liga Champions musim 2007-2008. (AFP/Andrew Yates)
Ryan Giggs mampu membukukan 145 penampilan bersama Setan Merah di Liga Champions. Hanya Iker Casillas bersama Real Madrid (156), dan Xavi Hernandez bersama Barcelona (151) yang mampu melewati pencapaiannya. (AFP/Olly Greenwood)
Ryan Giggs juga tercatat sebagai penentun kemenangan MU atas Chelsea pada laga final Piala Champions di Moskow tahun 2008 lalu. (AFP/Paul Ellis)
Pasca gantung sepatu, Ryan Giggs sempat menjabat caretaker Manchester United selama empat pertandingan, menggantikan David Moyes yang dipecat pada 22 April 2014. (AFP/Andrew Yates)
Ryan Giggs kini berstatus sebagai asisten manajer MU mendampingi Louis van Gaal sejak 19 Mei 2014. Bukan tidak mungkin dirinya akan menjadi suksesor dari Van Gaal. (AFP/Frederic J Brown)