10 Pesepak Bola Top Hasil Didikan Claudio Ranieri

oleh Arief Bagus diperbarui 27 Jul 2016, 14:15 WIB
Meski tak memiliki trofi sebanyak Mourinho, namun Claudio Ranieri juga merupakan pelatih handal, hal ini terlihat dari caranya mendidik pemain yang dianggap bisa menjadi seorang bintang. Berikut 10 pesepak bola top hasil polesan The Tinkerman. (AFP)
1. Francesco Toldo, kiper yang membawa Italia ke final Euro 2000 ini merupakan didikan Ranieri saat menukangi Fiorentina di awal 90an. Toldo sukses membawa Inter Milan lima kali juara Serie A dan satu kali juara Liga Champions. (AFP/Patrick Hertzog)
2. Gianfranco Zola, awalnya striker mungil ini bersama Ranieri di Napoli, kemudian keduanya pindah ke Chelsea. Bersama klub kota London itu Zola menjadi salah satu legenda berkat 274 penampilan dengan torehan 67 gol dan 16 assist. (AFP/Adrian Dennis)
3. Gaizka Mendieta, gelandang kreatif ini bakatnya berkembang ketika Valencia dilatih oleh Ranieri. Bersama The Tinkerman, mantan pemain Lazio ini meraih Copa del Rey musim 1998/99. (AFP/Olivier Morin)
4. John Terry, debut bek legendaris Chelsea ini bersama tim senior adalah ketika dilatih oleh Claudio Ranieri. Dirinya mempersembahkan Chelsea banyak gelar antara lain, 4 Liga Premier Inggris, 6 Piala FA dan sebuah Liga Champions. (AFP/Paul Barker)
5. William Gallas, bakatnya bersama Marseille terpantau oleh Ranieri, yang membuatnya didatangkan ke Chelsea. Selain The Blues, bek tangguh ini pernah memperkuat Arsenal dan juga Tottenham. (AFP/Odd Andersen)
6. Jeremy Menez, gelandang ini diboyong oleh Ranieri dari Monaco ke AS Roma. Talentanya berkembang bersama Giallorossi dan saat itu membuat klub kaya PSG tertarik mendatangkannya, kini pria Prancis itu bermain untuk AC Milan. (AFP/Alberto Pizzoli)
7. Geoffrey Kondogbia, meski penampilannya bersama Sevilla biasa saja, namun Ranieri kukuh mendatangkannya ke Monaco dengan harga 20 juta Euro. Perjudian itu berakhir manis, sang pemain bersinar dan kini bermain untuk Inter Milan. (AFP/Franck Fife)
8. Layvin Kurzawa, tadinya tak ada yang memandang pemain ini, namun kedatangan Ranieri ke Monaco membuat segalanya berubah. Bek sayap ini diberikan kesempatan bermain dan akhirnya dipercaya memperkuat timnas Prancis. (AFP/Valery Hache)
9. Jamie Vardy, striker yang membuat kejutan di Premier Leagur musim ini dengan menorehkan 24 gol. Sebelumnya tak ada yang mengenal bomber asal Inggris ini, Ranieri sukses membuatnya bersinar dan menjadikannya seorang bintang. (AFP/Paul Ellis)
10. Riyad Mahrez, gelandang ini berhasil membawa Leicester juara Premier League musim 2015/2016 lalu. Pria Aljazair ini merupakan talenta hasil bidikan Ranieri dan sukses dipoles hingga menjadi bintang. (AFP/Olyy Greenwood)