Real Madrid dan 5 Klub Terkaya Dunia

oleh Vitalis Yogi Trisna diperbarui 15 Mei 2016, 14:35 WIB
Majalah bisnis asal Amerika Serikat, Forbes, mengeluarkan data klub sepak bola terkaya dunia pada tahun 2015. Uniknya tidak ada Barcelona dalam list dan mayoritas didominasi oleh klub Liga Inggris. Berikut deratan klub-klub terkaya dunia. (AFP)
1. Real Madrid, raksasa Spanyol ini memiliki kekayaan sebesar 220 juta dolar AS. Mereka masih menjadi yang terkaya didunia sejak tahun lalu. (AFP/Gerard Julien)
2. Manchester United, meski performanya menurun namun masih memiliki kekayaan mencapai 187 juta dolar AS. Kerjasama dengan Chevrolet selama 7 tahun menambah pundi-pundi klub asal Inggris ini. (AFP/Oli Scarff)
3. Bayern Munchen, raksasa Jerman ini memiliki kekayaan mencapai 111 juta dolar AS. Kontrak dengan Deutsche Telekom dan Allianz dipercaya menambah kekayaan juara Bundesliga musim ini. (AFP/Christof Stache)
4. Chelsea, klub milik taipan Rusia, Roman Abramovich, ini memiliki kekayaan sebesar 99 juta dolar AS. Sponsor terbesar dari klub London ini adalah Yokohama Rubber yang terjalin sejak 2012 lalu. (AFP/Ben Stansall)
5. Arsenal, meski seret prestasi tapi klub Liga Inggris ini memiliki kekayaan sebesar 86 juta dolar AS. Kontraknya dengan maskapai penerbangan, Emirates, membuat mereka menjadi salah satu klub kaya dunia. (AFP/Ben Stansall)
5. Liverpool, klub yang bermarkas di Anfield ini memiliki kekayaan sebesar 79 juta dolar AS. Kerjasama The Reds antara lain dengan maskapai Indonesia, Garuda dan juga New Balance. (AFP/Oli Scarff)

Berita Terkait