Foto: Manchester United dan 5 Klub dengan Skuat Termahal

oleh Vitalis Yogi Trisna diperbarui 04 Okt 2016, 09:15 WIB
Berikut Manchester United dan lima klub dengan nilai skuat termahal berdasarkan riset CIES Football Independent. (AFP)

Bola.com, Jakarta - Manchester United menjadi klub dengan nilai skuat termahal berdasarkan hasil riset CIES Football Independent. Klub tersukses di Premier League itu disebut berharga senilai 718 juta poundsterling.

Advertisement

Nilai itu meningkat sebanyak 185 juta poundsterling dibandingkan tahun sebelumnya. Faktor peningkatan angka skuat Setan Merah ini tidak lepas dari hasil bursa transfer musim panas bulan Juli lalu.

Klub asuhan Jose Mourinho tersebut memecahkan rekor transfer termahal dunia dengan mendatangkan Paul Pogba. Tidak hanya itu, Red Devils juga menggelontorkan banyak uang untuk memboyong Henrikh Mkhitaryan dan Eric Bailly.

Jumlah taksiran yang didapat oleh United ini melebihi nilai yang diberikan kepada raksasa Spanyol, Real Madrid. Pada posisi kedua, klub Cristiano Ronado bernaung itu dinilai berharga sekitar 634 juta poundsterling.

CIES Football Independent sendiri merupakan lembaga riset sepak bola di Swiss yang bersifat independent. Berikut Manchester United dan 5 klub dengan nilai skuat termahal.

2 dari 7 halaman

1. Manchester United - 718 Juta Poundsterling

Pemain Manchester United merayakan gol yang dicetak oleh Zlatan Ibrahimovic ke gawang Southampton pada laga Premier League di Stadion Old Trafford, Manchester, Jumat (19/8/2016). MU menang 2-0 atas Southampton. (AFP/Oli Scarff)
3 dari 7 halaman

2. Real Madrid - 634 Juta Poundsterling

Pemain Real Madrid merayakan gol yang dicetak Alvaro Morata ke gawang Sporting Cp pada laga Liga Champions di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Rabu (14/9/2016). Real Madrid menang 2-1 atas Sporting Cp. (AFP/Gerard Julien)
4 dari 7 halaman

3. Manchester City - 611 Juta Poundsterling

Pemain Manchester City merayakan gol yag dicetak Sergio Aguero ke gawang M'Gladbach pada laga Liga Champions di Stadion Ettihad, Manchester, Rabu (14/9/2016). City menang 4-0 atas M'Gladbach. (AFP/Oli Scarff)
5 dari 7 halaman

4. Barcelona - 485 Juta Poundsterling

Pemain Barcelona merayakan gol yang dicetak Gerard Pique ke gawang M'Gladbach pada laga Liga Champions di Stadion Borrusia Park, Monchengladbach, Rabu (28/9/2016). Barcelona menang 2-1 atas M'Gladbach. (AFP/Odd Andersen)
6 dari 7 halaman

5. Chelsea - 481 Juta Poundsterling

Pemain Chelsea merayakan gol yang dicetak Cesar Azpilicueta ke gawang Leicester pada laga Piala Liga di Stadion King Power, Senin (20/9/2016). Chelsea menang 4-2 atas Leicester. (AFP/Anthony Devlin)
7 dari 7 halaman

6. Paris St Germain - 455 Juta Poundsterling

Penyerang Paris Saint Germain, Edinson Cavani, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Bordeaux pada laga Liga Prancis di Stadion Parc des Princes, Sabtu (1/10/2016). PSG menang 2-0 atas Bordeaux. (AFP/Franck Fife)