I Gede Siman Sudartawa Terinspirasi Kisah Joseph Schooling

oleh Vitalis Yogi Trisna diperbarui 16 Nov 2016, 13:29 WIB
Perenang nasional Indonesia, I Gede Siman Sudartawa, mengunjungi Kantor Bola.com pada Senin (31/10/2016) untuk melakukan sesi foto serta bercerita seputar kariernya. (Bola.com/Peksi Cahyo)
I Gede Siman Sudartawa, merupakan perenang kelahiran Klungkung, Bali, yang sempat membela Indonesia pada Olimpiade 2012 London. (Bola.com/Peksi Cahyo)
Memulai renang pada kelas 3 Sekolah Dasar, I Gede Siman Sudartawa, belajar salto serta gaya bebas di kolam dalam. (Bola.com/Peksi Cahyo))
Kala masa kanak-kanak, postur I Gede Siman Sudartawa tergolong pendek dibanding teman-teman seumurannya. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)
Kondisi tinggi badannya yang pendek itu membuat I Gede Siman Sudartawa terpacu untuk berlatih renang agar bisa setinggi teman-temannya. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)
Setelah enam bulan berlatih, I Gede Siman Sudartawa, mencoba ikut perlombaan dan berhasil meraih dua medali emas dari gaya bebas dan gaya kupu-kupu. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)
Pada 2004, I Gede Siman Sudartawa mengikuti kejuaraan renang tingkat nasional pertamanya, yaitu kejurnas di Jakarta, dan merebut dua emas. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)
Kejuaraan tingkat regional pertama yang diikuti I Gede Siman Sudartawa adalah SEA Age Group Swimming Championship di Jakarta pada 2006. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)
Berikutnya I Gede Siman Sudartawa mencicipi seluruh kejuaraan renang level internasional, mulai dari SEA Games, Asian Games, Kejuaraan Dunia, Universiade, dan puncaknya adalah Olimpiade 2012 London. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)
Soal motivasi, I Gede Siman Sudartawa mengaku mendapat inspirasi dari perenang Singapura yang meraih medali emas Olimpiade Rio, Joseph Schooling. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)