Kaleidoskop Sepak Bola Dunia 2016, Fenomena Leicester dan Kejayaan Ronaldo

oleh Vitalis Yogi Trisna diperbarui 30 Des 2016, 13:15 WIB
Kaleidoskop sepak bola dunia pada tahun 2016 diwarnai kisah fenomena Leicester serta cerita kejayaan Cristiano Ronaldo. (AFP)
JANUARI - Lionel Messi meraih FIFA Ballon d'Or , mengalahkan Cristiano Ronaldo dan Neymar. Bagi Messi ini adalah penghargaan pemain terbaik kelima setelah sebelumnya pernah meraih gelar sama pada 2009, 2010, 2011, dan 2012. (AFP/Fabrice Coffrini)
FEBRUARI - Manchester City menunjuk Pep Guardiola sebagai manajer baru menggantikan Manuel Pallegrini. Pelatih asal Spanyol itu pernah menangani Barcelona dan Bayern Munchen dan sepanjang kariernya sudah mengoleksi 21 gelar. (AFP/Oli Scarff)
MARET - Legenda sepak bola dunia, Johan Cruyff, meninggal dunia dalam usia 69 tahun karena penyakit kanker di Barcelona. Mantan pemain Ajax dan AC Milan ini dikenal sebagai bapak Total Football saat menangani La Blaugrana. (AFP/Evert Elzinga)
APRIL - Legenda sepak bola Italia, Cesare Maldini, meninggal dunia dalam usia 84 tahun, di Milan. Untuk mengenang mantan pemain AC Milan ini seluruh laga di Serie A mengheningkan cipta pada pertandingan akhir pekan. (AFP/Olivier Morin)
MEI - Leicester secara mengejutkan berhasil meraih gelar juara Premier League musim 2015/2016. Meski tidak memiliki pemain berlebel bintang, Claudio Ranieri, berhasil menyulap The Foxes menjadi tim yang sulit dikalahkan. (AFP/Lillian Suwanrumpha)
JUNI - Cile meraih gelar Copa America setelah mengalahkan Argentina 2-4 lewat adu penalti. Ini adalah gelar kedua beruntun setelah pada 2015 mereka juga meraih gelar tersebut usai kembali mengalahkan Argentina pada partai final. (AFP/Omar Torres)
JULI - Cristiano Ronaldo dkk berhasil mengantar Portugal keluar sebagai juara Piala Eropa 2016 setelah mengalahkan tuan rumah, Prancis, 1-0, lewat perpanjangan waktu. Ini adalah gelar pertama Portugal di ajang internasional. (AFP/Francisco Leong)
AGUSTUS - Real Madrid memastikan diri sebagai kampiun Piala Super Eropa seteah menang 3-2 atas Sevilla, di Lerkendal Stadion, Norwegia. Gelar Piala Super Eropa tahun ini adalah yang kali ketiga dalam sejarah Real Madrid. (AFP/Jonatahn Nackstrand)
SEPTEMBER -- Aleksander Ceferin resmi terpilih sebagai Presiden UEFA setelah meraih kemenangan mutlak dalam Kongres Luar Biasa UEFA, di Athena, Yunani. Mantan Presiden Asosiasi Sepak Bola Slovenia ini mengalahkan Michael Van Praag. (AFP/Jure Makoves)
OKTOBER - Manajer Arsene Wenger menandai 20 tahun melatih Arsenal pada 1 Oktober 2016. Selama ditangani Wenger, The Gunners meraih sejumlah gelar, antara lain tiga trofi Premier League dan enam trofi Piala FA. (AFP/Oli Scarff)
NOVEMBER - Pesawat LaMia Airlines bernomor penerbangan 2933 yang membawa skuad tim asal Brasil, Chapecoense, mengalami kecelakaan di dekat kota Medellin, Kolombia. Sebanyak 22 pemain meninggal dunia akibat kecelakaan itu. (AFP/Nelson Almeida)
DESEMBER - Cristiano Ronaldo memperoleh gelar Ballon d'Or yang keempat dalam kariernya. CR 7 meraih banyak prestasi pada tahun ini, mengantar Portugal juara Piala Eropa dan membawa Real Madrid meraih gelar Liga Champions. (AFP/Franck Seguin)

Berita Terkait