Foto Cerita: Ritual Para Pebasket Putri Sebelum Tanding

oleh Vitalis Yogi Trisna diperbarui 25 Apr 2017, 16:25 WIB
Pebasket Surabaya Fever, Sumiati, sebelu, bertanding selalu menghabiskan waktu dengan boneka kesayangannya yang diberi nama Rain Boo. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)
Mendengarkan lagu membuat rileks pebasket Merpati Bali, Dewa Ayu, sebelum dirinya turun bertanding. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)
Pebasket Surabaya Fever, Olivia Claudia, memiliki kebiasaan mengepang tiga rambutnya sebelum bertanding karena membuat dirinya nyaman. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)
Pebasket Tanago Friesian, Zalrina Hariana Aziz, menghilangkan rasa tegang sebelum bertanding dengan bercanda bersama rekan sekamarnya, Adelita Anwar. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)
Menelfon orang tua untuk meminta doa selalu dilakukan pebasket Merpati Bali, Nadya Gumanti, sebelum berlaga di lapangan basket. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Bola.com, Jakarta - Pebasket legendaris, Michael Jordan, menyimpan celana pendek yang selalu dipakainya sebelum bertanding. Kebiasaan memakai celana pendek tersebut sudah dilakukan mantan bintang Chicago Bulls itu sejak masih kuliah di North Carolina.

Advertisement

Pemain yang identik dengan nomor punggung 23 itu percaya ritual tersebut mampu meningkatkan kepercayaan dirinya sebelum bertanding. Bahkan di film Space Jam terdapat sebuah scene yang menunjukan dimana Bugs Bunny mengambil celana tersebut agar Jordan mau bermain dengannya.

Melakukan ritual khusus ternyata juga kerap dilakukan oleh para pebasket putri Indonesia sebelum turun laga. Ada yang menghabiskan waktu dengan boneka kesayangan, adapula yang berupaya menghilangkan ketegangan dengan mendengarkan musik.

"Boneka ini saya kasih nama Rain Boo, menghabiskan waktu di kamar bersamanya membuat saya lebih rileks sebelum bertanding," ujar pebasket Surabaya Fever, Sumiati, kepada Bola.com.

Sebelum berangkat ke lapangan untuk bertanding, para pemain Merpati Bali selalu mengadakan sesi video untuk mengingatkan kekurangan yang terjadi di laga sebelumnya. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)