Zabaleta Ajak Anaknya saat Pamit dengan Manchester City

oleh Muhammad Iqbal Ichsan diperbarui 17 Mei 2017, 16:23 WIB
Bek Manchester City, Pablo Zabaleta, menggendong anaknya usai pertandingan Liga Inggris melawan West Bromwich Albion di Stadion Etihad, Selasa, (16/05/2017). Zabaleta resmi pamit dari klub Manchester City. (EPA/Peter Powell)
Suporter Manchester City mengucakpan terima kasih kepada Pablo Zabaleta usai pertandingan Liga Inggris melawan West Bromwich Albion di Stadion Etihad, Selasa, (16/05/2017). Zabaleta resmi pamit dari klub Manchester City. (EPA/Peter Powell)
Ekspresi Bek Manchester City, Pablo Zabaleta, usai pertandingan Liga Inggris melawan West Bromwich Albion di Stadion Etihad, Selasa, (16/05/2017). Zabaleta resmi pamit dari klub Manchester City. (AFP/ Anthony Devlin)
Bek Manchester City, Pablo Zabaleta, menyapa suporter usai pertandingan Liga Inggris melawan West Bromwich Albion di Stadion Etihad, Selasa, (16/05/2017). Zabaleta resmi pamit dari klub Manchester City. (AFP/ Anthony Devlin)
Bek Manchester City, Pablo Zabaleta, bersama anaknya usai pertandingan Liga Inggris melawan West Bromwich Albion di Stadion Etihad, Selasa, (16/05/2017). Zabaleta resmi pamit dari klub Manchester City. (AFP/Anthony Devlin)
Bek Manchester City, Pablo Zabaleta, menggendong anaknya usai pertandingan Liga Inggris melawan West Bromwich Albion di Stadion Etihad, Selasa, (16/05/2017). Zabaleta resmi pamit dari klub Manchester City. (AFP/Paul Ellis)
Bek Manchester City, Pablo Zabaleta, diangkat rekan setimnya usai pertandingan Liga Inggris melawan West Bromwich Albion di Stadion Etihad, Selasa, (16/05/2017). Zabaleta resmi pamit dari klub Manchester City. (AFP/ Anthony Devlin)
Bek Manchester City, Pablo Zabaleta, menyapa suporter usai pertandingan Liga Inggris melawan West Bromwich Albion di Stadion Etihad, Selasa, (16/05/2017). Zabaleta resmi pamit dari klub Manchester City. (AFP/ Anthony Devlin)

Bola.com, Jakarta Manchester City resmi melepas Pablo Zabaleta pada akhir musim ini. Manajemen The Citizens memutuskan untuk tak memperpanjang kontrak Zabaleta yang
berakhir pada 30 Juni 2017.

"Pablo Zabaleta akan meninggalkan City pada akhir musim, mengakhiri kebersamaan luar biasanya selama sembilan tahun berseragam the Blues,"  bunyi pernyataan resmi Manchester City. The Citizens meminang pemain asal Argentina itu dari Espanyol pada musim panas 2008. Man City harus mengeluarkan dana hingga 8,7 juta euro (Rp 126 miliar) demi bisa mendapatkan jasa Zabaleta.

Sejak saat itu, dia mampu menjadi salah satu sosok penting untuk menempati sisi kanan pertahanan Manchester City. Dia pun turut membantu City meraih enam gelar juara, termasuk dua gelar Premier League dan satu Piala FA.

Advertisement

Akan tetapi, dalam dua musim terakhir, Zabaleta mulai kehilangan tempat di skuat inti. Badai cedera dan kalah bersaing dengan Bacary Sagna membuat pemain 32 tahun tersebut hanya tampil dalam 48 pertandingan dan mencetak dua gol pada musim 2015-2016 dan 2016-2017. Dengan usia yang tak lagi muda dan rentan cedera, manajemen Man City memutuskan untuk melepas Pablo Zabaleta pada akhir musim ini. Sang pemain pun telah menerima keputusan yang diambil oleh City.

"Pemain yang sudah mengemas 58 caps bersama Argentina itu akan habis kontraknya pada musim panas dan telah menginformasikan kepada klub jika
dia akan pindah, tetapi dia dipastikan meninggalkan banyak kenangan indah," lanjut pernyataan Man City. Selama sembilan musim berseragam Manchester City, Pablo Zabaleta berhasil terpilih sebagai MCFC Player of the Year pada musim 2012-2013. Dia juga masuk dalam daftar PFA Team of the Year pada musim tersebut. (Bola.com/Rizki Hidayat)