FOTO: Belanda Menang Telak atas Luksemburg

oleh Nicklas Hanoatubun diperbarui 10 Jun 2017, 10:15 WIB
Para pemain Belanda, Wesley Sneijder (kanan), Arjen Robben (tengah) dan Memphis Depay merayakan gol saat melawan Luksemburg pada Kualiifikasi Piala Dunia 2018 di Rotterdam. (AFP/ John Thys)
Wesley Sneijder (kiri) terjatuh saat berebut bola dengan pemain Luksemburg, Christophe Martins pada Kualiifikasi Piala Dunia 2018 di Rotterdam. (AFP/ John Thys)
Duel pemain Luksemburg, Gerson Rodriguez (kiri) dan pemain Belanda, Memphis Depay pada Kualiifikasi Piala Dunia 2018 di Rotterdam. (AFP/ John Thys)
Aksi pemain Belanda, Kevin Strootman (kanan) melewati adangan pemain Luksemburg pada Kualiifikasi Piala Dunia 2018 di Rotterdam. (AFP/ John Thys)
Wesley Sneijder dan Arjen Robben saat merayakan gol ke gawang Luksemburg pada Kualiifikasi Piala Dunia 2018 di Rotterdam. (AFP/ Jerry Lampen/Netherlands OUT)

Bola.com, Rotterdam - Timnas Belanda menang 5-0 atas Luksemburg pada laga Grup A kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa, Jumat atau Sabtu (10/6/2017) dini hari WIB. Hasil itu membuat peluang Belanda tampil di Piala Dunia 2018 kembali terbuka.

 Skuat Oranye kini berada di posisi ketiga dengan mengantongi 10 poin dari enam pertandingan. Mereka tertinggal tiga poin dari Swedia dan Prancis di peringkat satu serta dua. Semenyara itu, Luksemburg menghuni dasar grup dengan nilai satu.

Advertisement

Bermain di hadapan pendukung sendiri, Arjen Robben dan kawan-kawan tampil menekan sejak menit pertama. Meski begitu, mereka belum mampu menjebol gawang Luksemburg.

Belanda baru bisa memimpin ketika pertandingan berjalan 21 menit. Robben membawa Oranje unggul setelah bola hasil sepakan kaki kirinya tak mampu dihalau kiper.

Skuat asuhan Dick Advocaat itu kembali menambah keunggulan pada menit ke-34. Bola tendangan kaki kanan Wesley Sneijder melesat ke sisi kiri gawang Luksemburg.

Tim tamu hampir memperkecil ketertinggalan. Namun tendangan David Turpel masih bisa diselamatkan kiper Jasper Cillessen. Keunggulan 2-0 untuk Belanda bertahan hingga babak pertama berakhir.

Setelah turun minum, Belanda masih bermain menekan. Namun, serangan yang dibangun Tim Oranye belum mampu menembus gawang Luksemburg.

Gol ketiga akhirnya tercipta saat pertandingan berjalan 62 menit. Bola sepakan kaki kiri Georginio Wijnaldum tidak mampu dihalau kiper Ralph Schon.

Unggul tiga gol membuat Advocaat merasa aman. Sang pelatih menarik Memphis Depay untuk digantikan Quincy Promes pada menit ke-66.

Keputusan Advocaat untuk memainkan Promes terbukti tepat. Empat menit setelah menginjakkan kaki di lapangan, sang pemain langsung mencetak gol.

Jelang pertandingan berakhir, Luksemburg kembali mendapat petaka. Schon melakukan pelanggaran terhadap Vincent Janssen di kotak terlarang pada menit ke-83.

Alhasil, wasit memberikan Belanda sepakan 12 pas. Janssen yang menjadi algojo tidak menyia-nyiakan peluang tersebut.

Penyerang Tottenham Hotspur itu berhasil menyarangkan bola ke gawang Luksemburg. Kemenangan 5-0 untuk Belanda bertahan hingga peluit berbunyi panjang tanda pertandingan berakhir. (Bola.com/Budi Prasetyo Harsono)