FOTO: Rossi Urutan ke-13, Dani Pedrosa Raih Start Terdepan

oleh Nicklas Hanoatubun diperbarui 11 Jun 2017, 12:10 WIB
Pemalap Repsol Honda Team, Dani Pedrosa saat bersama timnya usai balapan, Dani meraih Pole pada sesi kualifikasi MotoGP Catalunya di Circuit de Catalunya, Montmelo, (10/6/2017). (AFP/Josep Lago)
Pebalap Ducati Team, Jorge Lorenzo menempati posisi kedua pada sesi kualifikasi MotoGP Catalunya di Circuit de Catalunya, Montmelo, (10/6/2017). (AFP/Josep Lago)
Pebalap OCTO Pramac Racing, Danilo Petrucci merayakan posisi ketiga yang diraihnya pada sesi kualifikasi MotoGP Catalunya di Circuit de Catalunya, Montmelo, (10/6/2017). (AFP/Josep Lago)
Pebalap Repsol Honda Team, Marc Marquez menempati posisi keempat pada sesi kualifikasi MotoGP Catalunya di Circuit de Catalunya, Montmelo, (10/6/2017). (AFP/Josep Lago)
Pebalap Team Suzuki Ecstar, Aleix Espargaro (kiri) menempati posisi kelima pada sesi kualifikasi MotoGP Catalunya di Circuit de Catalunya, Montmelo, (10/6/2017). (AFP/Mohd Rafsan)

Bola.com, Catalunya - PebalapRepsolHonda, DaniPredrosa, merebut poleposition pada MotoGPCatalunya setelah mencatat waktu tercepat pada sesi kualifikasi, Sabtu (10/6/2017). Dia mengungguli pebalapDucati, JorgeLorenzo, dan riderPramacRacing, DaniloPetrucci, yang menempati posisi start kedua dan ketiga.

Advertisement

Pemimpin klasemen sementara MotoGP 2017, Maverick Vinales, kembali gagal tampil gemilang pada sesi kualifikasi. Dia bakal mengawali balapan dari posisi start kesembilan.

Hasil lebih buruk dibukukan rekan setim Vinales, Valentino Rossi. Pebalap berjuluk The Doctor tersebut tak mampu tampil maksimal hingga bakal start dari posisi ke-13.

Hasil ini sebenarnya tak terlalu mengagetkan karena Yamaha selalu kesulitan di Sirkuit Catalunya sejak latihan bebas pertama. Rossi hanya menempati posisi ke-17 pada latihan bebas pertama (FP1), kemudian masing-masing urutan kesembilan dan ke-15 pada FP2 dan FP3.

Sementara itu, Jorge Lorenzo untuk kali pertama start di baris terdepan bersama Ducati. Namun, secara pribadi, ini merupakan kali kesembilan secara beruntun dia start pada baris terdepan di MotoGP Catalunya.

Danilo Petrucci juga mencuri perhatian pada kualifikasi kali ini. Pebalap Italia itu menjaga momentum apik setelah pada balapan MotoGP Italia, Minggu (4/6/2017), mampu naik podium ketiga, di belakang Andrea Dovizioso dan Maverick Vinales.

Rekan setim Dani Pedrosa, Marc Marquez, bakal mengawali balapan dari posisi keempat. Baby Alien tercatat empat kali terjatuh pada hari ini, tepatnya sejak latihan bebas ketiga hingga babak kualifikasi. Beruntun, pemegang tiga gelar juara dunia MotoGP tersebut tak mengalami cedera apapun. (Bola.com/Yus Mei Sawitri)