FOTO: Dovizioso Tercepat di MotoGP Catalunya, Rossi Terpuruk

oleh Vitalis Yogi Trisna diperbarui 12 Jun 2017, 06:45 WIB
Pebalap Ducati, Andrea Dovizioso, menjadi yang tercepat di MotoGP Catalunya, Spanyol, Minggu (11/6/2017). Dovizioso menorehkan catatan waktu 44 menit 41,518 detik. (AFP/Josep Lago)
Para pebalap MotoGP memacu motornya pada balapan di MotoGP Catalunya, Spanyol, Minggu (11/6/2017). Pada balapan ini, Andrea Dovizioso berhasil menjadi yang tercepat. (EPA/Alejandro Garcia)
Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, saat balapan di MotoGP Catalunya, Barcelona, Minggu (11/6/2017). Marquez finis di posisi kedua dengan waktu 44 menit 45,062 detik. (AFP/Josep Lago)
Pebalap Ducati, Andrea Dovisiozo, memacu motornya saat balapan di MotoGP Catalunya, Spanyol, Minggu (11/6/2017). Dovizioso menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 44 menit 41,518 detik. (AFP/Josep Lago)
Pebalap Ducati, Andrea Dovizioso, merayakan keberhasilannya finis tercepat di MotoGP Catalunya, Barcelona, Minggu (11/6/2017). Dovizioso menorehkan catatan waktu 44 menit 41,518 detik. (EPA/Alejandro Garcia)
Pebalap Ducati, Andrea Dovizioso, besama pebalap Repsol Honda, Marc Marquez dan Dani Pedrosa, merayakan podium di MotoGP Catalunya, Spanyol, Minggu (11/6/2017). Dovizioso juara dengan waktu 44 menit 41,518 detik. (AFP/Josep Lago)

Bola.com, Catalunya - Pebalap Ducati, Andrea Dovizoso, memenangi balapan MotoGP Catalunya, Minggu (11/6/2017). Duo Movistar Yamaha, Valentino Rossi dan Maverick Vinales, hanya mampu finis 10 besar.

Advertisement

Dovizioso menjadi pebalap pertama yang menyentuh garis finis dengan torehan waktu 44 menit 41,518 detik. Dia unggul atas duo Repsol Honda, Marc Marquez dan Pedrosa.

Dovizioso unggul 3,544 detik atas Marquez. Sedangkan dengan Pedrosa, pebalap berusia 31 tahun itu berselisih 6,774 detik.

Sementara itu Rossi menyelesaikan balapan di posisi kedelapan. The Doctor terpaut 20,821 detik dari Dovi. Rekan tim Rossi, Maverick Vinales, finis di posisi ke-10 setelah sempat terpuruk di posisi ke-16.

Pedrosa melakukan start yang bagus dengan mempertahankan posisi pertama. Begitu juga dengan Lorenzo dan Marquez. Sementara Rossi mampu naik ke posisi ke-10 setelah start. Berbanding terbalik dengan Vinales yang justru terpuruk di posisi ke-16 setelah start dari posisi kesembilan.

Belum genap satu lap, Lorenzo berhasil menyalip Pedrosa untuk memimpin balapan. Tak lama berselang, giliran Marquez yang menyalip Pedrosa. Pada lap keenam, Marquez melakukan manuver luar biasa untuk menyalip Lorenzo. Pedrosa pun ikut menyodok dan berhasil menempati posisi kedua.

Posisi Lorenzo terus melorot setelah disalip Dovizioso, Danilo Petrucci, dan Jonas Folger. Persaingan dalam perebutan posisi terdepan kian sengit setelah Pedrosa melewati Marquez pada lap ke-8. Bahkan, Marquez harus turun ke posisi ketiga setelah disalip Dovizioso.

Sementara itu, Rossi terus memperbaiki posisinya. Pada lap ke-10, The Doctor sudah berada di posisi kedelapan. Dovizioso memanfaatkan betul keunggulan motor Ducati di trek lurus.

Pada lap ke-17, pebalap asal Italia itu berhasil menyalip Pedrosa di trek lurus untuk memimpin balapan. Satu lap berikutnya, posisi Pedrosa kembali turun satu posisi setelah dilewati Marquez.

Tak hanya persaingan di posisi pertama yang panas, perebutan posisi kelima juga terbilang sengit. Johann Zarco, Alvaro Bautista dan Lorenzo bersaing ketat untuk mendapatkan posisi tersebut. Hingga lap ke-20,

Zarco masih memimpin persaingan. Nasib apes dialami Petrucci. Dia terjatuh di tikungan kelima saat balapan tersisa dua lap lagi. Padahal, saat itu pebalap Italia ini menempati posisi kelima.

Dovizioso mempertahankan posisinya hingga berakhirnya balapan. Dia finis di depan Marquez, Pedrosa, dan Lorenzo. Sementara Rossi berhasil naik ke posisi delapan. (Bola.com/Muhammad Wirawan Kusuma)

 

Berita Terkait