SEA Games 2017: Si Cantik Elga Jadi Tumpuan pada Nomor BMX

oleh Bogi Triyadi diperbarui 03 Agu 2017, 17:35 WIB
Pebalap BMX Putri Indonesia, Elga Kharisma Novanda. (elgakharisma.blogspot.co.id/)

Jakarta - Pebalap BMX putri, Elga Kharisma Novanda, menjadi tumpuan tim balap sepeda Indonesia untuk mendulang medali pada SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia, 19-30 Agustus. Apalagi pada nomor BMX, tim Merah Putih terbilang konsisten dalam menyumbang medali.

Selain itu, performa atlet asal Malang ini memang terus meningkat. Jadi, Manajer Timnas Balap Sepeda Indonesia, Budi Saputra, merasa ada peluang meski persaingan bakal ketat.

Advertisement

"Ya, Elga kami harapkan dalam performa terbaik dan mampu menyumbang medali emas untuk Indonesia," kata Budi di Jakarta, baru-baru ini, seperti dinukil dari Antara.

Budi mengatakan pebalap BMX putra maupun putri terus digembleng dalam pemusatan latihan di Banyuwangi Jawa Timur. Dia juga mengungkapkan Elga telah beberapa kali ikut ujicoba internasional yang hasilnya pantas dibanggakan.

Untuk sektor putri, Elga Kharisma Novanda yang merupakan peraih emas SEA Games 2013 itu akan didampingi pebalap asal Jawa Barat, Cup Novianti. Sedangkan di sektor putra ada nama yang sudah asing lagi, yaitu Rio Akbar dan I Gusti Bagus Saputra.

"Kami akui persaingan bakal ketat, tapi kita harus optimistis pebalap kami bakal meraih hasil yang terbaik. Makanya kami terus memantau perkembangan semua atlet balap sepeda yang bakal dikirim," kata Budi menambahkan.

Selain dari BMX, Indonesia memang berpeluang untuk mengejar medali dari nomor road race putra-putri maupun track putra dan putri. Hanya saja, dari nomor tersebut persaingannya dinilai bakal lebih ketat karena negara lain, termasuk tuan rumah fokus di nomor tersebut.

Untuk road race putra, Indonesia akan mengandalkan pebalap yang sudah tidak asing lagi, seperti Aiman Cahyadi hingga Robin Manullang yang merupakan peraih medali emas ITT SEA Games 2015 Singapura. Sedangkan sektor putri ada Yanti Fuchiyanti.

Sedangkan untuk nomor track, Indonesia akan menurunkan pebalap senior Uyun Muzizah dan Santia Tri Kusuma. Pada kategori putra, ada nama Puguh Ahmadi yang sebelumnya merupakan pebalap BMX yang hijrah ke lintasan track.

"Untuk nomor track, kami harus berusaha dengan maksimal. Bukan berat. Tapi persaingan akan jauh lebih ketat. Apalagi tuan rumah Malaysia memiliki pebalap handal," ucap Budi mengomentari peta persaingan SEA Games 2017. 

Berita Terkait