Ricky Nelson Genjot 2 Pemain Debutan Borneo FC

oleh Benediktus Gerendo Pradigdo diperbarui 07 Agu 2017, 05:15 WIB
Pelatih Borneo FC, Ricky Nelson, memaklumi performa Jefri Kurniawan dan Dinan Javier dalam pertandingan pertama putaran kedua Liga 1 2017 di mana Borneo FC kalah 0-1 dari Sriwijaya FC di Stadion Segiri, Samarinda, Sabtu (5/8/2017). (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Bola.com, Samarinda - Pelatih Borneo FC, Ricky Nelson, berani memainkan dua pemain debutan timnya, Jefri Kurniawan dan Dinan Javier, ketika menghadapi Sriwijaya FC di Stadion Segiri dalam laga pekan pertama putaran kedua Liga 1 2017, Sabtu (5/8/2017).

Meski kedua pemain itu belum memperlihatkan performa yang memuaskan dalam pertandingan, Ricky tak merasa ada masalah dengan keputusannya itu.

Ricky memutuskan mengubah formasi Borneo FC menjadi 4-4-2 dalam laga kontra Sriwijaya FC yang berakhir dengan kemenangan tipis tim tamu berkat gol tunggal Beto Goncalves. Selain mengubah formasi dari 4-2-3-1 menjadi strategi memainkan dua orang striker, Ricky Nelson juga memainkan Jefri Kurniawan dan Dinan Javier.

Advertisement

Jefri dipasang di sayap kiri untuk mengimbangi Terens Puhiri di sektor kanan. Sementara itu, Dinan Javier dipasangkan dengan Lerby Eliandry sebagai duet striker.

Namun, mereka belum memberikan kontribusi nyata dalam laga debut mereka. Dinan sempat melepaskan tembakan dari luar kotak penalti di babak pertama yang melebar dari tiang gawang. Sementara itu, Jefri juga belum memperlihatkan kemampuan menyisir lini sayap dan justru mendapatkan kartu kuning karena menjegal Ichsan Kurniawan di babak pertama.

Dinan kemudian digantikan oleh Abdul Aziz di awal babak kedua. Kemudian Jefri Kurniawan pun ditarik keluar untuk digantikan oleh Riswan Yusman. Ricky Nelson pun tak merasa bermasalah dengan performa kedua pemain debutan itu dan mengakui bahwa apa yang terlihat saat latihan dan pertandingan berbeda.

"Tidak masalah karena pilihan saya itu berdasarkan hasil latihan. Mereka memperlihatkan progres yang bagus, tempo yang bagus, dan kecepatan saat latihan. Jika ternyata belum ada komunikasi di lapangan, itu akan menjadi evaluasi bagi kami," ujar Ricky Nelson.

Ricky pun menilai ada beberapa hal yang membuat kedua pemain anyar itu belum bisa memperlihatkan performa maksimal. "Semua kembali kepada latihan mereka, kalau ada yang kurang saat pertnadingan itu ada beberapa faktor, antara lain mental dan performa yang diperlihatkan lawan," ujar pelatih Borneo FC asal NTT.