FOTO: 4 Negara Asia Memastikan Diri Lolos ke Piala Dunia 2018

oleh Vitalis Yogi Trisna diperbarui 06 Sep 2017, 10:15 WIB
Berikut ini empat negara Asia yang sudah memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2018 dan dua negara yang akan bertarung untuk mendapatkan tempat lagi melalui playoff. (Kolase foto-foto dari AFP)
1. Iran - Negara Timur Tengah ini menjadi wakil Asia pertama yang memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2018. Tim asuhan Carlos Queiroz ini menjadi juara Grup A dengan unggul tujuh poin dari Korsel di posisi kedua. (AFP/Atta Kenare)
2. Jepang - Meski kalah pada laga terakhir melawan Arab Saudi, negeri samurai tetap menjadi juara Grup B pada babak kualifikasi dan lolos ke Piala Dunia. Sejak 1998, Jepang tidak pernah absen dari gelaran bergengsi World Cup. (AFP/Toru Yamanaka)
3. Korea Selatan - Tidak seperti sebelumnya, kali ini Ksatria Taeguk tampil kurang meyakinkan dan hanya lolos sebagai runner-up. Heung-Min Son dkk harus menderita tiga kali kekalahan dalam 10 laga kualifikasi Piaal Dunia 2018. (AFP/Jung Yeon-Je)
4. Arab Saudi - Menang 1-0 atas Jepang membuat kekuatan traditional Asia ini berhasil lolos ke Piala Dunia. Negara besutan Bert van Marwijk ini lolos dramatis sebagai runner-up setelah hanya unggul selisih gol dari Australia. (AFP/Brenton Edwards)
5. Australia (Playoff) - Tak seperti tahun 2014 dimana mereka mampu lolos langsung ke Piala Dunia, kali ini Socceroos harus melalui babak playoff. Tim Cahill dan pasukan harus menghadapi Suriah pada playoff pertama. (AFP/Brenton Edwards)
6. Suriah (Playoff) - Negara yang sedang mengalami konflik perang tersebut, kini mulai bermimpi untuk melangkah ke Piala Dunia. Menyingkirkan Uzbekistan dan China, mereka berada di posisi ketiga dan akan bertarung melalui babak playoff. (AFP/Atta Kenare)