Prediksi Borneo FC Vs PSM: Ibarat Partai Final

oleh Abdi Satria diperbarui 08 Okt 2017, 06:15 WIB
PSM Makassar tidak boleh terpeleset di kandang Borneo FC jika ingin mendekati Bhayangkara FC. (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Samarinda - Pertandingan menghadapi Borneo FC pada pekan ke-28 Liga 1 di Stadion Segiri Samarinda, Minggu (8/10/2017), ibarat final yang harus dimenangkan oleh PSM Makassar. Seri apalagi kalah, peluang Juku Eja jadi juara mengecil.

Skuat asuhan Robert Alberts tertinggal empat poin dari pemuncak klasemen, Bhayangkara FC yang sudah mengoleksi 56 poin. Kalau gagal menang atas Borneo, PSM bisa kian tertinggal dari Bhayangkara yang pada waktu sama menjamu Persiba Balikpapan di Stadion Patriot Bekasi.

Advertisement

Situasi yang dialami PSM kian krusial karena setelah dijamu Borneo, mereka akan menjamu Persib Bandung (15/10/2017) dan menantang Bhayangkara di Bekasi (19/10/2017).

Robert menyadari betul situasi sulit yang dialami skuatnya. Maka itu, dia meminta pemainnya agar mewaspadai kebangkitan Borneo. "Saya meminta pemain agar fokus menghadapi Borneo FC. Mereka punya striker seperti Lerby Eliandry yang bisa mencetak gol dalam situasi apapun," tegas Robert.

Dicmata Robert, Borneo bisa saja memberi kekalahan pertama buat PSM pada putaran kedua. "Mereka tentu termotivasi membalas kekalahan dari PSM pada putaran pertama," ucap Robert.

Meski waspada, Robert tetap yakin dengan kemampuan timnya. Apalagi, pada pertandingan nanti, pelatih asal Belanda ini bisa memainkan pemain terbaiknya, termasuk Zulham Zamrun dan Ferdinand Sinaga yang belakangan kian membaik penampilannya. Absennya kiper Rivki Mokodompit yang masih cedera juga tidak terlalu dipusingkan Robert karena masih ada M.Syaiful dan Deny Marcel yang siap tampil.

Robert juga mengingatkan pemainnya agar tidak gampang terprovokasi oleh lawan. Dari daftar 18 pemain yang dibawa ke Samarinda, ada enam pemain yang terancam terkena sanksi akumulasi kartu, yakni Ferdinand, Marc Klok, Syamsul Chaeruddin, Rizky Pellu, Titus Bonai, dan Zulkifli Syukur.

"Benturan adalah hal biasa dalam sepak bola. Saya meminta pemain agar tidak melakukan pelanggaran yang tidak perlu," kata Robert.

Sementara itu, Borneo FC berambisi menodai catatan tidak terkalahkan PSM sepanjang putaran kedua. Misi untuk mewujudkan target tersebut terbuka karena Borneo FC akan bermain di hadapan publik sendiri.

Selain itu, Borneo FC juga ingin bangkit setelah takluk 1-2 dari Barito Putera dalam derbi Kaltim, 1 Oktober 2017 lalu.

"PSM salah satu tim yang belum terkalahkan pad putaran kedua dan kami butuh kerja keras untuk mematahkan rekor apik mereka," ujar Asri Akbar, gelandang Borneo FC.

"Namun, ini kandang kami dan kami akan berusaha keras memenangkan pertandingan melawan PSM. Untuk masyarakat Samarinda, kami sangat membutuhkan dukungan kalian," ia menambahkan.

Prakiraan Pemain

Borneo FC (4-4-2): Muhammad Ridho; Leonard Tupamahu, Matheus Henrique, Kunihiro Yamashita, Diego Michiels; Terens Puhiri, Asri Akbar, Flavio Beck, Patrich Wanggai; Lerby Eliandry, Shane Smeltz

Pelatih: Iwan Setiawan

PSM Makassar (4-3-3): M. Syaiful; Zulkifli Syukur, Hamka Hamzah, Steven Paulle, Reva Adi Utama; Rizky Pellu, Marc Klok, Wiljan Pluim; Zulham Zamrun, Ferdinand Sinaga, Pavel Purishkin

Pelatih: Robert Alberts

Berita Terkait