FOTO: Kisah Tragis Belanda yang Gagal Lolos ke Piala Dunia 2018

oleh Vitalis Yogi Trisna diperbarui 12 Okt 2017, 12:45 WIB
Masa kelam sepak bola Belanda setelah gagal lolos ke Piala Eropa 2016 ternyata belum berakhir. Kini Der Oranje mengalami kisah tragis lanjutan karena harus absen pada Piala Dunia 2018. (Kolase foto-foto dari AFP dan AP)
Pada laga penentu Belanda harus mengalahkan Swedia minimal dengan skor 7-0 untuk bisa unggul selisih gol. Namun ternyata Arjen Robben dkk hanya mampu meraih kemenangan 2-0 atas Swedia. (AP/Peter De Jong)
Momen kegagalan Belanda mulai terasa saat mereka kalah 0-1 di kandang saat menjamu Prancis. Ketika itu gol tunggal Paul Pogba pada menit ke-30 membuat Der Oranje harus terpuruk dihadapan publik sendiri. (AFP/Franck Fife)
Prancis benar-benar menjadi momok kegagalan dari Belanda pada kualifikasi Piala Dunia 2018. Alih-alih membalas kekalahan pertama, pada pertemuaan kedua Belanda malah kalah 0-4 dari Les Blues. (AFP/Franck Fife)
Faktor kegagalan lainnya ketika Belanda secara mengejutkan kalah dari Bulgaria. Kekalahan 0-2 tersebut membuat langkah pasukan dari Dick Advocaat semakin berat karena Prancis dan Swedia tampil baik. (AFP/John Thys)
Belanda dan Swedia sama-sama memiliki poin 19 pada klasmen akhir Grup A. Tetapi Swedia memiliki selisih gol yang lebih baik sehingga mampu mengantar mereka ke babak play-off. (AFP.Jonathan Nackstrand)
Kegagalan ini mengulang momen 2002 lalu, dimana Belanda juga gagal lolos ke Piala Dunia. Ketika itu Negeri Kincir Angin juga finis diposisi ketiga, kalah bersaing dengan Portugal dan Irlandia. (AFP/Christophe Simon)
Kapten Belanda, Arjen Robben, memutuskan untuk pensiun dari timnas setelah gagal lolos ke Piala Dunia. Winger Bayern Munchen ini mencatat 96 caps dengan mencetak 37 bersama Der Oranje. (AFP/Emmanuel Dunand)