Petuah Indra Sjafri Jelang Timnas Indonesia U-19 Berjumpa Brunei

oleh Ario Yosia diperbarui 31 Okt 2017, 08:30 WIB
Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, saat menemani anak asuhnya melawan Kamboja U-19 pada laga persahabatan di Stadion Patriot, Bekasi, Rabu (4/10/2017). Indonesia menang 2-0 atas Kamboja. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Bola.com, Paju - Timnas Indonesia U-19 kembali Brunei Darussalam hanya hitungan sebulan saja. Kali ini kedua tim terlibat bentrok dalam babak Kualifikasi Piala Asia U-19 2018 Grup F yang digelar pada Selasa (31/10/2017) di Stadion Paju, Gyeonggi, Korea Selatan.

Timnas Indonesia U-19 sempat menghancurkan Brunei Darussalam pada penyisihan Piala AFF U-18 2017 di Myanmar dengan skor telak 8-0. Pelatih Tim Garuda Nusantara, Indra Sjafri, berharap para pemainnya melupakan momen kemenangan tersebut.

Advertisement

Menurut Indra bahaya jika Tim Merah-Putih terlalu memandang remeh lawan. "Kami sudah mengenali gaya bermain Brunei karena sempat berjumpa Piala AFF belum lama ini. Kami tetap waspada dan tidak meremehkan mereka. Brunei saya rasa juga punya keinginan kuat mengimbangi permainan kami. Mereka tak mau kalah begitu saja," tutur Indra.

Wajar jika Indra perlu mengingatkan para pemainnya agar tidak jemawa. Ia khawatir pujian setinggi langit yang diberikan publik sepak bola nasional belakangan ini membuat penggawa Tim Merah-Putih terlena.

Walau mencetak rekor-rekor fantastis di sepanjang Piala AFF U-18 2017, Timnas Indonesia U-19 gagal menjadi juara dan hanya menempati posisi tiga besar saja. Dalam sebuah sesi diskusi yang diselenggarakan PSSI Pers jelang keberangkatan timnas ke Korea Selatan, Indra sempat meminta media jangan terlalu menyanjung anak-asuhnya.

"Perjalanan masih panjang. Mari kita kawal bareng anak-anak muda ini. Media jangan memberitakan secara berlebihan, mereka belum ada apa-apanya," ucap pelatih asal Sumatera Barat itu.

Indra Sjafri agaknya tak ingin kejadian beberapa tahun silam berulang. Saat membesut Timnas Indonesia U-19 ia sukses mempersembahkan gelar Piala AFF U-19 2013, kemudian menciptakan sensasi lolos ke putaran final Piala Asia U-19 2014 dengan mengalahkan tim kuat Korea Selatan, namun ujungnya di pentas turnamen elite penggawa Garuda Jaya tampil melempem.

Di ajang Kualifikasi Grup F Piala Asia U-19 2018, Timnas Indonesia U-19 yang akan jadi tuan rumah putaran final sudah pasti lolos. Egy Maulana dkk. di fase kualifikasi bersaing dengan Brunei Darussalam, Timor Leste, Korea Selatan, serta Malaysia. "Jangan karena sudah pasti lolos kemudian pemain tampil tanpa motivasi dan kemudian hanya jadi penggembira. Saya tidak mau hal itu terjadi," ucap Indra Sjafri.

Duel perdana Timnas Indonesia U-19 di Kualifikasi Grup F Piala Asia U-19 2017 pada Selasa (31/10/2017) pukul 13.00 WIB rencananya bakal ditayangkan secara langsung di SCTV. Sahabat Bola.com bisa juga menyaksikannya secara live streaming di laman berikut:

 

2 dari 2 halaman

Live Streaming Bola.com

Indonesia vs Brunei Darussalam. (Bola.com/Dody Iryawan)

Live Streaming Timnas Indonesia U-19 Vs Brunei U-19: