Malaysia Lebih Cerdik dari Timnas Indonesia U-19

oleh Juprianto Alexander Sianipar diperbarui 06 Nov 2017, 13:10 WIB
Striker Malaysia Hadi Fayyadh mencetak dua gol saat mengalahkan Timnas Indonesia U-19 di Paju Public Stadium, Paju, Senin (6/11/2017). (AFC)

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-19 dipermalukan Malaysia dengan skor 1-4 pada laga Grup F kualifikasi Piala Asia U-19 2018 di Paju Public Stadium, Paju, Senin (6/11/2017). Kekalahan telak ini membuat Tim Garuda Nusantara gagal bangkit setelah takluk 0-4 dari Korea Selatan pada laga sebelumnya.

Empat gol Malaysia yang membuat Timnas Indonesia U-19 tertunduk lesu tercipta lewat dua gol Hadi Fayyadh, Akhyar Abdul Rashid, dan Shivan Pillay. Sedangkan satu gol Tim Garuda Nusantara dijaringkan Hanis Saghara Putra.

Advertisement

Dalam laga melawan Malaysia, Timnas Indonesia U-19 mendominasi penguasaan bola sedangkan Malaysia lebih memilih bermain dengan mengandalkan serangan balik. Berdasarkan statistik Labbola, Nurhidayat Haji Haris dan kawan-kawan menguasai bola sebanyak 68 persen berbanding 32 persen milik Malaysia.

Meski dominan soal penguasaan bola, Timnas Indonesia U-19 justru kalah dalam hal percobaan tembakan dan total tembakan dari Malaysia sepanjang pertandingan. Dari 17 tembakan, Malaysia melakukan enam tembakan tepat sasaran sedangkan Timnas Indonesia U-19 hanya melakukan 14 percobaan tembakan dan lima di antaranya tepat sasaran.

Selain kalah banyak soal urusan tembakan ke gawang, Timnas Indonesia U-19 juga inferior dalam duel perebutan bola di udara. Timnas Indonesia U-19 hanya memenangi duel udara sebanyak 8 kali berbanding 10 kali duel udara yang dimenangi oleh Harimau Muda.

Terakhir, Malaysia juga banyak melakukan 22 kali pelanggaran berbanding 16 yang dibuat Timnas Indonesia U-19. Banyaknya pelanggaran yang dilakukan Malaysia tidak lepas dari permainan agresif yang mereka tampilkan untuk menghentikan pergerakan pemain Timnas Indonesia U-19.

 

 

2 dari 2 halaman

Statistik Malaysia Vs Timnas Indonesia U-19

Foto dok. Bola.com