FOTO: Ilham Lestaluhu Antara Kue Pulut dan Semangat dari Tulehu

oleh Vitalis Yogi Trisna diperbarui 27 Nov 2017, 17:45 WIB
Siluet dari Ilham Lestaluhu, salah satu pesepak bola berbakat dari Kampung Tulehu, sebuah negeri yang banyak melahirkan pesepak bola nasional. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)
Selepas pulang sekolah Ilham Lestaluhu rajin membantu ibunya membuat kue pulut siram (makanan khas Maluku), sebelum pergi berlatih sepak bola. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)
Kedua orang tua Ilham Lestaluhu mendukung penuh cita-cita anaknya menjadi pesepak bola nasional, dengan memasukan anaknya ke SSB Tulehu Putra. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)
Sepak bola menjadi magnet bagi warga Tulehu untuk bisa merubah nasib ekonomi sehingga banyak keluarga disana mendidik anaknya bermain bola. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)
Setiap hari kedua orang tua Ilham Lestaluhu selalu menyempatkan waktu untuk mengantar putranya berlatih sepak bola bersama SSB Tulehu Putra. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)
Ilham Lestaluhu yang juga merupakan keponakan dari Rizky Pellu memiliki posisi sebagai gelandang bertahan atau bisa juga menjadi stopper. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)
Keterbatasan ekonomi menjadi lecutan semangat bagi Ilham Lestaluhu untuk bisa menjadi pesepak bola nasional agar bisa menafkahi keluarga. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)
"Saya kasihan kalau ibu jualan sendirian karena bapak kerja menarik ojek. Saya anak laki-laki paling tua, jadi harus bisa membantu ibu," ujar Ilham Lestaluhu. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)