FOTO: Rahasia Dibalik 10 Pesepak Bola yang Nomor Punggungnya Dipensiunkan

oleh Muhammad Iqbal Ichsan diperbarui 06 Apr 2018, 16:15 WIB
Berikut ini 10 nomor punggung pesepak bola yang dipensiunkan oleh klub nya. Dua diantaranya adalah Diego Maradona dan Paolo Maldini. (Foto-foto AFP)
1. Javier Zanetti (Inter Milan) - Kapten Nerazzurri saat meraih Treble Winner musim 2009/10 itu layak mendapatkan penghargaan dari klub. Selain nomor empat dipensiunkan, ia juga diberi jabatan wakil presiden Inter Milan. (AFP/Christophe Simon)
2. Paolo Maldini (AC Milan) - Saat sang legenda memutuskan untuk pensiun, saat itu pula nomor tiga diistirahatkan. Persembahan 26 trofi untuk klub kota Milan itu membuat I Rossoneri layak memberikan penghormatan tinggi untuknya. (AFP/Emilio Andreoli)
3. Diego Maradona (Napoli) - Pria Argentina ini bagaikan dewa bagi warga kota Naples, Italia. Torehan Gelar dan prestasi yang dipersembahkan membuat Napoli memensiunkan nomor punggung 10 pada tahun 2000 lalu. (AFP/Carlo Hermann)
4. Gianfranco Zola (Chelsea) - Pria 51 tahun ini merupakan legenda The Blues. Meski tidak ada pernyataan khusus dari Chelsea untuk memensiunkan nomor 25. Namun sejak ia pensiun, saat itu pula nomor tersebut tak ada yang memakai. (AFP/Adrian Dennis)
5. Johan Cruyff (Ajax Amsterdam) - Klub asal Belanda itu sangat wajar memensiunkan nomor punggung 14. Semasa hidupnya Sang Maestro sepak bola ini tidak hanya disegani saat menjadi pemain tapi juga pelatih. (AFP/Cor Mulder)
6. Franco Baresi (AC Milan) - Selain nomor tiga, AC Milan juga memensiunkan nomor enam milik salah satu bek tengah terbaiknya. Pemain berjuluk Piscinin ini sukses mempersembahkan 18 trofi untuk I Rosonerri di berbagai ajang. (AFP/Kazuhiro Nogi)
7. Roberto Baggio (Brescia) - Meski hanya empat musim membela Brescia, namun itu sudah cukup untuk klub memutuskan memensiunkan nomor 10 untuk Si Kuncir. Bersama sang legenda, Brescia berhasil meraih kesuksesan. (AFP/Carlo Baroncini)
8. Bobby Moore (West Ham United) - The Hammers memensiunkan nomor punggung enam pada tahun 2008. Nomor tersebut adalah milik legenda sekaligus kapten tersukses yang telah mempersembahkan trofi untuk klub dan Piala Dunia untuk Inggris. (AFP/Stringer)
9. Marc Vivien Foe (Manchester City) - The Citizens memutuskan memensiunkan nomor punggung 23 untuk penghormatan atas kematian pemainnya. Pemain Kamerun ini meninggal saat laga Piala Konfederasi 2003 menghadapi Kolombia. (AFP/Paul Barker)
10. Davide Astori (Fiorentina) - La Viola akhirnya memensiunkan nomor 13. Hal tersebut dilakukan untuk menghormati kematian sang kapten yang terjadi secara mendadak sebelum laga melawan Udinese pada Minggu, 4 maret 2018. (AFP/Michal Cizek)