FOTO: Gelar 9 Pesepak Bola yang Menyandang Status Sarjana

oleh Muhammad Iqbal Ichsan diperbarui 19 Apr 2018, 05:15 WIB
Berikut ini para pesepak bola yang mampu meraih gelar Sarjana. Tiga diantaranya adalah Giorgio Chiellini, Juan Mata dan Andres Iniesta. (Foto-foto Kolase AFP)
1. Giorgio Chiellini - Bek tangguh ini tak tergantikan di lini pertahanan Juventus. Di luar sepakbola ternyata pria 33 tahun itu adalah lulusan terbaik di bidang studi Bisnis Ekonomi Universitas Manajemen dan Ekonomi Turin. (AFP/Marco Bertorello)
2. Vincent Kompany - Kapten The Citizens ini merupakan salah satu bek terbaik dunia saat ini. Tidak hanya handal menjaga lini pertahanan, pria Belgia itu adalah lulusan administrasi bisnis di Manchester Business School. (AFP/Ben Stansall)
3. Robert Lewandowski - Striker mematikan milik Bayern Munchen ini tak hanya handal dalam membobol gawang lawan. Pria Polandia itu berhasil menuntaskan gelar sarjananya di jurusan Pendidikan Fisik di Sekolah Olahraga Warsawa. (AFP/John Thys)
4. Yuto Nagatomo - Pendidikan tinggi merupakan hal yang lumrah bagi warga Jepang, begitu juga bagi mantan bek Inter Milan ini. Pemain yang saat ini memperkuat Galatasaray itu merupakan sarjana ekonomi di Doshisha University. (AFP/Andreas Solaro)
5. Andres Iniesta - Gelandang berusia 33 tahun ini adalah salah satu ruh permainan Barcelona. Di luar prestasinya sebagai pesepak bola, Iniesta rupanya juga seorang sarjana Ilmu Aktivitas Fisik dan Olahraga. (AFP/Miguel Medina)
6. Juan Mata – Pria 29 tahun ini adalah pemain Spanyol saat menjuarai Piala Dunia 2010 dan Euro 2012. Ia meraih dua gelar sarjana di bidang jurnalisme di Universitas Madrid dan Marketing and Sports Science di Universitas Manchester. (AP/Mike Egerton)
7. Glen Johnson - Mantan bek Liverpool ini tidak hanya handal dalam menjaga pertahanan dan piawai memberikan umpan silang. Di luar lapangan dia adalah seorang sarjana matematika di Universitas Terbuka. (AFP/Oli Scarff)
8. Andrey Arshavin - Mantan pemain Arsenal ini tidak hanya sukses sebagai pesepak bola. Kemampuan akademisnya pun tak mengecewakan, terbukti ia berhasil meraih gelar sarjana teknologi dan desain di St Petersburg State University. (AFP/Lluis Gene)
9. Simon Mignolet - Kiper ini kerap mengalami Inkonsistensi saat tampil di bawah mistar gawang Liverpool. Meski begitu, pria Belgia ini telah berhasil menyandang gelar sarjana ilmu politik di Catholic University of Leuven. (AFP/Paul Ellis)