Pertahanan Satu Lawan Satu Jadi Kunci Kemenangan Timnas Basket Putri Indonesia atas India

oleh Zulfirdaus Harahap diperbarui 24 Agu 2018, 05:17 WIB
Timnas basket putri Indonesia lolos ke babak perempat final Asian Games 2018 setelah mengalahkan India dengan skor 69-66 pada pertandingan yang digelar di Hall Basket Gelora Bung Karno, Kamis (23/8/2018). (INASGOC/Rocky Padila)

Bola.com, Jakarta - Timnas basket putri Indonesia akhirnya meraih kemenangan perdana di Asian Games 2018 setelah menaklukkan India dengan skor tipis 69-66 pada pertandingan yang digelar di Hall Basket Gelora Bung Karno, Kamis (23/8/2018).

Advertisement

Pertandingan tersebut sudah berlangsung ketat sejak kuarter pertama. Indonesia yang tampil menekan melalui aksi Nathasa DebbyChristaline berhasil unggul dengan 17-14.

Pada kuarter kedua, pertandingan kembali ketat. India yang mengandalkan Stephy Nixon berhasil menekan meski tetap mengakui keunggulan Indonesia dengan skor 29-31.

Adapun pada kuarter ketiga Indonesia masih mampu mempertahankan keunggulan dengan skor 52-50. Pertandingan semakin seru pada kuarter keempat, namun Indonesia akhirnya menyegel kemenangan dengan skor 69-66.

Pelatih Arif Gunarto menyebut permainan anak asuhnya sebenarnya kurang keras. Namun, mereka bisa meraih kemenangan karena Arif menekankan strategi man to man defense.

"Pada dasarnya, tadi kami bermain kurang keras. Akan tetapi, saya bilang ke mereka untuk man to man saja terus," kata Arif kepada wartawan.

"Sebab, ketika pakai zone defense, mereka terlalu gampang masuknya. Akan tetapi, sudah baik karena Tuhan kasih kami jalan," ucap Arif.

Kemenangan ini membuat timnas basket putri menghuni peringkat keempat klasemen akhir Grup X dengan raihan lima poin sekaligus lolos ke babak perempat final Asian Games 2018. Pada laga tersebut, Indonesia akan menghadapi lawan tangguh yakni China (26/8/2018).